KPS Certification

kpscertification.co.id-Inilah hal yang diharapkan Lembaga Audit selama Audit Eksternal ISO 9001

Inilah hal yang diharapkan Lembaga Audit selama Audit Eksternal ISO 9001

Untuk mendapatkan keunggulan dalam dunia bisnis yang kompetitif, produk dan layanan berkualitas tinggi sangat penting.

Oleh karena itu, banyak bisnis memilih untuk menggunakan standar internasional seperti ISO 9001 untuk mengukur dan meningkatkan kualitas mereka.

Namun, untuk memastikan bahwa standar ini diterapkan dengan benar, audit eksternal harus dilakukan oleh lembaga audit independen.

Dalam artikel ini, kami akan membahas apa yang diharapkan lembaga audit untuk melakukan audit eksternal ISO 9001.

1) Mengidentifikasi Kepatuhan Terhadap ISO 9001

kpscertification.co.id-Kepatuhan terhadap ISO 9001

Lembaga audit akan memulai dengan mengidentifikasi kepatuhan perusahaan terhadap standar ISO 9001.

Ini akan memeriksa dokumen, prosedur, dan praktik perusahaan untuk memastikan kualitas produk dan layanannya sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Pemeriksaan Dokumen

Lembaga audit akan memeriksa dokumen perusahaan, seperti manual kualitas, kebijakan, dan prosedur, untuk memastikan bahwa mereka sesuai dengan persyaratan ISO 9001 dan telah diterapkan dengan benar.

Pengujian Proses

Selain itu, lembaga audit akan memeriksa prosedur perusahaan saat ini untuk memastikan apakah mereka sesuai dengan standar ISO 9001 dan apakah diperlukan perbaikan.

2) Menilai Kinerja Karyawan

kpscertification.co.id-Menilai Kinerja Karyawan

Sebagian besar perusahaan menganggap karyawan mereka sebagai aset terbesar mereka. Oleh karena itu, lembaga audit juga akan menilai kinerja karyawan selama audit eksternal.

Evaluasi Pelatihan

Lembaga audit akan memeriksa apakah perusahaan telah memberikan pelatihan yang memadai kepada karyawannya terkait standar ISO 9001. Mereka juga akan menilai apakah karyawan memahami standar dengan baik dan mampu menerapkannya dalam pekerjaan mereka.

Pengujian Kinerja

Selain itu, lembaga audit akan melakukan pengujian kinerja untuk memastikan bahwa karyawan perusahaan benar-benar mengikuti prosedur-prosedur yang telah ditetapkan dalam standar ISO 9001. Mereka akan memeriksa apakah karyawan menerapkan praktik-praktik yang sesuai untuk memastikan kualitas produk dan layanan.

3) Evaluasi Kesesuaian Produk atau Layanan

kpscertification.co.id-Evaluasi Kesesuaian Produk atau Layanan

Evaluasi kesesuaian produk dan layanan perusahaan adalah salah satu komponen paling penting dari audit eksternal ISO 9001.

Pengujian Kinerja

Evaluasi kesesuaian produk dan layanan perusahaan adalah salah satu komponen paling penting dari audit eksternal ISO 9001.

Pengumpulan Sampel

Selain itu, lembaga audit akan mengumpulkan sampel barang atau jasa untuk dievaluasi. Tujuan evaluasi ini adalah untuk mengetahui apakah sampel tersebut memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.

4) Evaluasi Sistem Manajemen

kpscertification.co.id-Evaluasi Sistem Manajemen

Lembaga audit akan mengevaluasi sistem manajemen perusahaan selain berfokus pada aspek teknis.

Penyusunan Laporan Audit

Setelah semua pemeriksaan selesai, lembaga audit akan membuat laporan audit yang mencantumkan hasil, termasuk kemungkinan perbaikan yang dapat dilakukan oleh perusahaan.

Audit eksternal ISO 9001 adalah langkah penting untuk memastikan bahwa bisnis menjalankan praktik bisnis yang sesuai dengan standar kualitas internasional.

Lembaga audit dapat memberikan wawasan berharga kepada perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas melalui pemeriksaan dokumen, evaluasi kinerja karyawan, penilaian produk atau layanan, dan evaluasi sistem manajemen.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ikuti webinar yang sedang Kami adakan "Merancang KPI yang Efektif dengan ISO 9001:2015 untuk Kesuksesan Kinerja Karyawan​"

X