KPS Certification

Tips Persiapan ISO Audit Internal

Tips Persiapan ISO Audit Internal

Setiap perusahaan yang ingin menerbitkan laporan keuangan untuk stakeholder, umumnya perlu mengajukan yang namanya tahapan / proses laporan tersebut terlebih dahulu dalam beberapa tahapan proses audit.
Salah satunya yakni tahapan proses ISO audit internal bagi perusahaan.
Yang menjadi pertanyaan banyak orang disini adalah, apakah itu audit internal dan bagaimanakah langkah – langkah persiapan dalam melakukan audit tersebut.

Sekilas Informasi Tentang Apa Itu Audit Internal

Audit internal dikenal sebagai suatu tahapan atau proses penilaian dan evaluasi terhadap sebuah pengelolaan bisnis oleh pihak manajemen perusahaan, termasuk seputar tata cara sistem kinerja finansial dan proses pelaporan akuntansinya yang akan disusun.
Adapun tujuan dari adanya audit internal ini yakni untuk menjadikan laporan kinerja suatu perusahaan tidak mengandung cacat, baik itu cacat dari segi administrative maupun intrinsiknya.
Tidak hanya hadir dengan memberikan nilai dan evaluasi saja, hadirnya ISO audit internal juga turut memberikan masukan – masukan jika laporan kinerja (khususnya yang berkaitan langsung dengan keuangan perusahaan) mengandung hal – hal yang berpotensi menurunkan reputasi bisnis.
Nantinya, laporan yang sudah dibawa ke tahap audit eksternal, akan menjadikan perusahaan langsung terhindar dari risiko memperoleh opini audit final yang buruk.

Langkah – langkah yang Harus Dilakukan dalam Mempersiapkan ISO Audit Internal

langkah-langkah mempersiapkan iso audit internal
Sebagian besar orang menganggap, bahwa audit internal sering kali digunakan oleh perusahaan ataupun organisasi sebagai salah satu bentuk problem rutin yang dibutuhkan dalam mempertahankan ISO.
Akan tetapi, pada kenyataannya hal itu tidak sepenuhnya benar lantaran proses audit ini nantinya dapat menjadi cara terbaik sebagai pemilik proses yang  dapat membantu mengidentifikasi adanya perbaikan ataupun dapat membantu mempraktiskan proses agar supaya dapat berjalan dengan lebih baik, cepat dan juga efisien.
Berkaitan dengan hal tersebut, berikut ini akan kita ulas secara lengkap seputar beberapa langkah penting yang harus dilakukan dalam mempersiapkan ISO audit internal bagi perusahaan ataupun organisasi.

Tahap Perencanaan Jadwal Sertifikasi ISO Audit Internal Perusahaan

Salah satu bagian penting dari proses yang baik biasanya yakni harus memiliki jadwal audit keseluruhan yang tersedia untuk menginformasi kepada semua semua pihak seputar kapan setiap proses akan diaudit secara rutin.
Apabila di dalam tahapan persiapan ini tidak memiliki rencana dan memutuskan audit secara mendadak, maka yang ada pesan yang akan ditangkap karyawan yakni “Anda Tidak Percaya Kami”.
Dengan menerapkan audit, maka pesan yang dimaksudkan sebagai dukungan kepada pemilik proses dan auditor akan dapat saling membantu.

Tahap Perencanaan Proses Audit Internal

Jika sudah memiliki jadwal yang baik, maka langkah penting yang perlu dilakukan dalam proses perencanaan ISO audit internal yakni dengan mengkonfirmasi dengan pemilik proses ketika audit akan berlangsung.
Adapun rencana secara keseluruhan tersebut bukan hanya berisi seberapa sering proses akan diaudit dan kira – kira kapan waktunya, akan tetapi juga mengenai perencanaan terkait kapan waktu terbaik bagi pemilik proses dan auditor berkolaborasi untuk melakukan peninjauan.

Tahap Melakukan Audit Internal

Saat melakukan proses audit internal, pastikan agar langkah awal memulai proses tersebut sudah melakukan pertemuan dengan pemilik proses dengan memastikan bahwa rencana audir selesai dan siap.
Oleh karena itulah, dalam hal ini ada banyak sekali jalan yang diperlukan untuk dapat mengumpulkan informasi selama audit berlangsung.
Baik itu melakukan peninjauan catatan, berbicara dengan karyawan, menganalisis data proses sampai dengan mengamati proses dalam tindakan.

Tahap Pelaporan Audit Internal

Melakukan pertemuan penutup dengan pemilik proses merupakan suatu keharusan untuk memastikan bahwa aliran informasi dalam ISO audit internal tidak tertunda.
Dalam hal ini, pemilik proses bukan hanya ingin tahu mengenai apakah ada bidang kelemahan yang perlu ditangani ataupun adakah area yang perlu dilakukan perbaikan di dalamnya.

Tahapan Tindak Lanjut Atas Masalah / Perbaikan yang Ditemukan Setelah Audit Dilakukan

Adapun tips persiapan yang terakhir untuk dilakukan yakni tindak lanjut yang mana jika ditemukan adanya masalah dan perlu adanya perbaikan, maka disarankan untuk memastikan bahwa masalah tersebut benar – benar sudah selesai dilakukan.
Jika nantinya masalah sudah selesai dilakukan, maka perlu juga melihat peluang perbaikan di area lain agar dapat meningkatkan upaya dalam implementasi ISO Sistem Manajemen Mutu.
Itulah tadi beberapa persiapan penting yang perlu dilakukan dalam melakukan proses ISO audit internal yang bisa Anda ketahui dan pahami.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kpscertification.co.id banner web promo bulan k3 copyKlik pada gambar untuk informasi lebih lanjut

This will close in 20 seconds

Open chat
1
Diskusi dengan kami
Diskusi langsung dengan kami via Chat Whatsapp