KPS Certification

Badan Akreditasi ISO

Badan Akreditasi ISO

Pada dasarnya, ada banyak sekali badan atau lembaga yang sudah terakreditasi atau dikenal dengan sebutan Badan Akreditasi ISO yang bisa dijadikan pilihan dalam proses pengurusan sertifikasi ISO untuk perusahaan / organisasi.
Apalagi seperti yang kita ketahui, bahwa ISO sendiri tidak pernah mengeluarkan yang namanya sertifikasi ataupun surat legal lainnya, sehingga diperlukan adanya lembaga tertentu untuk mengurus sertifikasi yang satu ini.
Meski demikian, Anda perlu tahu bahwa dalam pengurusan sertifikasi ISO ini tidak boleh dilakukan oleh badan / lembaga sembarangan lantaran harus sudah terakreditasi dan terpercaya.
Maka dari itulah, bagi Anda yang mungkin penasaran akan badan akreditasi sertifikasi ISO ini, maka bisa menyimak informasi selengkapnya di artikel berikut.

Mengenal Informasi Seputar Pengertian dan Contoh Badan Akreditasi ISO

Secara umum, badan akreditasi merupakan suatu badan atau lembaga khusus yang mana bertugas untuk melakukan proses pengesahan terhadap Sertifikasi ISO pengesahan yang dilakukan.
Baik itu dari aspek kompetensi, integritas sampai dengan kredibilitas dalam proses sertifikasi yang dilakukan.
Dengan adanya badan akreditasi sertifikasi ISO ini, maka badan sertifikasi nantinya diharapkan bisa tunduk dan patuh terhadap badan otoritatif, memberikan penilaian secara objektif dan juga mampu menerbitkan sertifikat yang bisa dipercaya oleh konsumen.
Adapun jika kita membahas lebih lanjut seputar badan akreditasi sendiri umumnya ada banyak sekali contohnya di masing – masing negara.
Beberapa contoh dari badan akreditasi sertifikasi ISO ini antara lain sebagai berikut :

Akreditasi ISO KAN (Komite Akreditasi Nasional)

Badan Akreditasi ISO KAN
Merupakan badan akreditasi / Lembaga Non Struktural (LNS) untuk sertifikasi ISO yang mana berasal dari Indonesia dengan tugas dan tanggung jawab di bidang akreditasi penilaian kesesuaian.
Dalam hal ini, KAN yang didirikan pada tahun 1992 dengan Keputusan Menteri Negara Riset dan Teknologi yang mana memberikan akrditasi kepada beberapa pihak terkait.
Di antaranya yakni seperti Lembaga Sertifikasi Labortorium, Lembaga Inspeksi, Penyedia Uji Profisiensi dan Produsen Bahan Acuan.

Badan Akreditasi UKAS (The United Kingdom Accreditation Services)

Badan Akreditasi ISO UKAS
Berikutnya ada badan akreditasi nasional UKAS yang mana sudah diakui oleh pemerintah untuk menilai standar yang sudah disepakati secara internasional, organisasi yang memberikan sertifikasi, pengujian, inspeksi dan jasa kalibrasi. UKAS memberikan akreditasi yang menunjukkan kompetensi, ketidakberpihakan dan kinerja kemampuan evaluator tersebut.
Adapun UKAS sendiri telah dilisensikan oleh BIS untuk menggunakan dan menganugerahkan simbol akreditasi nasional yang melambangkan pengakuan pemerintah terhadap proses akreditasi.

Badan Akreditasi DAC (The Dubai Accreditation Department)

Badan akreditasi ISO DAC
Badan akreditasi DAC ini dikatakan sebagai penerus dari Accreditation and Meterology Section (AMS) di Dubai Central Laboratory Department (DCLD) / Depatemen Pusat Laboratorium Dubai.
DAC sendiri bertanggung jawab secara langsung kepada pihak Direktur Jenderal Pemerintah Dubai dan bahkan telah mendapat status upgrade dari pihak departemen pemerintah Dubai.
Dan sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh Dewan Eksekutif Dubai, akreditasi di Emitrates of Dubai ini turut mewajibkan di bidang kesehatan, keselamatan dan lingkungan kerja.

Badan Akreditasi JAS-ANZ (Joint Accreditation System of Australi and New Zealand)

Contoh badan akreditas sertifikasi ISO selanjutnya ada JAS-ANZ yang mana merupakan anggota dari Forum Akreditasi Internasional (IAF) dan juga Asosiasi Lembaga Sertifikasi Terakreditasi (AACB).
JAS-ANZ ini hampir mirip dengan Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan The United Kingdom Accreditation Service (UKAS). Adapun di dalam JAS-ANZ sendiri sudah terakreditasi setidanya 67 lembaga penilaian kareditasi yang sudah disertifikasi lebih dari 50 ribu organisasi di lebih dari 20 negara.
Nah, itulah tadi informasi penting bagi Anda seputar pengertian dan juga contoh – contoh dari badan akreditasi ISO.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ikuti webinar yang sedang Kami adakan "Merancang KPI yang Efektif dengan ISO 9001:2015 untuk Kesuksesan Kinerja Karyawan​"

X