KPS Certification

Powered by Langgeng Perkasa Group

ISO 9001 - Sistem Manajemen Mutu
(Quality Management Systems)

iso 9001

Telah menjadi standar untuk sistem manajemen selama lebih dari 35 tahun, berlaku di semua sektor industri, tidak peduli seberapa besar atau kecilnya industri tersebut.

Apa itu ISO 9001?

ISO 22000 adalah standar internasional yang mengatur sistem manajemen keamanan pangan. Standar ini memastikan bahwa organisasi dalam rantai pasokan pangan dapat mengidentifikasi, mengendalikan, dan mengurangi risiko keamanan pangan, sehingga makanan yang dihasilkan aman untuk dikonsumsi.

ISO 22000 menggabungkan prinsip-prinsip dari sistem manajemen mutu (ISO 9001) dan analisis bahaya serta titik kendali kritis (HACCP) untuk menyediakan kerangka kerja yang komprehensif dalam mengelola keamanan pangan. Penerapan ISO 22000 membantu organisasi meningkatkan kepercayaan konsumen, memenuhi persyaratan regulasi, dan meningkatkan efisiensi operasional.

Mengapa ISO 9001 penting?

Quality Management Systems telah mengeluarkan lebih dari satu juta sertifikat ISO 9001 kepada organisasi di 189 negara, merupakan standar manajemen kualitas yang paling banyak digunakan di dunia.

Dalam keluarga ISO 9000, yang mendefinisikan tujuh prinsip manajemen kualitas termasuk fokus yang kuat pada pelanggan dan perbaikan berkelanjutan, ISO 9001 adalah satu-satunya standar yang bisa mendapatkan sertifikasi (meskipun sertifikasi tidak wajib).

Manfaat bisnis meliputi:

  • Kepuasan Pelanggan: Standar ini memastikan bahwa organisasi memiliki proses pengendalian kualitas yang kuat, yang berujung pada peningkatan kepercayaan dan kepuasan pelanggan.
  • Penyelesaian Keluhan yang Efektif: QMS memberikan panduan untuk menyelesaikan keluhan pelanggan secara efisien, yang berkontribusi pada penyelesaian masalah yang tepat waktu dan memuaskan.
  • Peningkatan Proses: Standar ini membantu mengidentifikasi dan menghilangkan ketidak-efisienan, mengurangi pemborosan, menyederhanakan operasi, dan mendorong pengambilan keputusan yang terinformasi, yang menghasilkan penghematan biaya dan hasil yang lebih baik.
  • Optimalisasi Berkelanjutan: Audit dan tinjauan berkala yang didorong oleh ISO 9001 memungkinkan organisasi untuk terus menyempurnakan sistem manajemen kualitas mereka, tetap kompetitif, dan mencapai kesuksesan jangka panjang.

Keutamaan Sertifikasi

Kepercayaan & kepuasan pelanggan

Meningkatkan loyalitas pelanggan, ulasan positif, dan rekomendasi dengan menyediakan produk atau layanan berkualitas tinggi.

Proses Kualitas
Kontrol

 Memastikan konsistensi kualitas produk atau layanan, mengurangi risiko produk cacat, dan meningkatkan efisiensi operasional.

Penghematan
biaya

Mengurangi pemborosan, biaya produksi, dan meningkatkan produktivitas karyawan dengan efisiensi operasional yang ditingkatkan.

Peningkatan
berkelanjutan

Mendorong inovasi, kolaborasi, dan kreativitas karyawan melalui budaya perbaikan terus-menerus, menciptakan lingkungan kerja yang dinamis dan adaptif.

7 Prinsip Sistem Manajemen Mutu

Melibatkan dan menyatukan orang-orang di berbagai tingkatan bisnis Anda untuk membantu menciptakan dan menyampaikan proses dan prosedur yang memberikan nilai tambah, sehingga meningkatkan kinerja bisnis dan tenaga kerja Anda.

Kami memahami bahwa pelanggan merupakan fokus utama dari setiap bisnis. Memenuhi harapan mereka adalah kunci pertumbuhan, dan prinsip ini berarti bahwa pelanggan Anda menjadi inti dari bisnis Anda.

Kepemimpinan yang kuat berarti kualitas dan konsistensi yang lebih baik. Proses manajerial memberikan pendekatan yang terpadu sehingga semua orang memiliki pemahaman yang sama.

Pendekatan yang saling terkait di semua proses bisnis Anda akan meningkatkan konsistensi dan efisiensi dalam hasilnya.

Selalu analisis dan tinjau proses bisnis Anda secara rutin. Hal ini akan membantu mencapai peningkatan yang berkelanjutan untuk bisnis Anda yang dapat dipertahankan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Data adalah kunci, oleh karena itu, setiap keputusan yang diambil haruslah demi kepentingan terbaik bisnis Anda, didukung oleh fakta-fakta yang menghasilkan hasil optimal.

Menjalin dan merawat hubungan yang kokoh dengan klien dan pemasok merupakan kunci untuk meningkatkan kinerja bisnis.

Mengenal Lebih Dalam Tentang ISO 9001

Penerapan ISO 9001 yang mengikuti standar dapat membantu meningkatkan citra, produk, layanan, dan proses Anda. Hal ini juga membantu mencegah kerusakan, mengurangi variasi, dan mengurangi pemborosan dalam rantai pasokan Anda.

Dengan mengimplementasikan quality manajemen systems, Anda menunjukkan komitmen Anda terhadap kualitas di seluruh bagian organisasi Anda.

Standar ini memberikan kerangka kerja yang jelas melalui model Plan-Do-Check-Act (PDCA) dan pemikiran berbasis risiko untuk terus memperbaiki organisasi Anda.

FAQ

Organisasi yang ingin meningkatkan sistem manajemen mutu mereka, memenuhi kebutuhan pelanggan, mematuhi hukum yang relevan, dan meningkatkan kebahagiaan pelanggan dapat mengimplementasikan standar ISO. Standar ini dapat diterapkan untuk organisasi dari semua ukuran di berbagai industri seperti

1. Manajemen Konstruksi
2. Layanan IT
3. Industri Perhotelan
4. Industri Kesehatan
5. Layanan Masyarakat
6. Perusahaan Teknik
7. Manufaktur

Selain itu, standar ini digunakan oleh lembaga sertifikasi dan pihak ketiga untuk mengevaluasi kepatuhan organisasi terhadap standar internasional ini.

Standar Manajemen Mutu menguraikan kriteria untuk menetapkan, memelihara, dan meningkatkan sistem manajemen mutu, yang mencakup berbagai bidang termasuk:

  1.  Konteks Organisasi
  2. Kepemimpinan
  3. Perencanaan
  4. Dukungan
  5. Operasi
  6. Penilaian Kinerja
  7. Peningkatan

Intinya, Standar ini membantu organisasi dalam mengelola semua aspek kualitas produk dan layanan, memprioritaskan kepuasan pelanggan, dan secara konsisten menyempurnakan sistem manajemen mutu.

Diharapkan bahwa versi terbaru dari ISO 9001 akan dirilis menjelang akhir tahun 2025.

ISO 9001 dan ISO 14001 adalah Standar Internasional yang digunakan untuk mengelola organisasi, tetapi keduanya memiliki tujuan yang berbeda. ISO 9001 bertujuan untuk membantu organisasi meningkatkan manajemen mutu dan kepuasan pelanggan, sementara ISO 14001 bertujuan untuk membantu organisasi mengurangi dampak lingkungan dan mendorong praktik-praktik berkelanjutan.

Meskipun memiliki fokus yang berbeda, standar-standar ISO ini, seperti ISO 9001 untuk kualitas dan ISO 14001 untuk lingkungan, dirancang dengan pendekatan yang serupa. Ini berarti bahwa perusahaan yang mengadopsi satu standar manajemen ISO dapat dengan mudah mengintegrasikan aspek-aspek lain dari manajemen organisasi ke dalam sistem manajemen yang ada.

Proses Sertifikasi

Application Form

Pengajuan sertifikasi dan melengkapi persyaratannya

Stage I

Melakukan peninjauan, penilaian, dan identifikasi

Stage II

Audit stage II bertujuan untuk verifikasi dan evaluasi

Special Audit

Berupa pemantauan atau investigasi jika diperlukan

Surveillance I

Kegiatan pemantauan setiap 1 tahun, pasca sertifikasi

Surveillance II

Kegiatan pemantauan tahun ke-2 pasca sertifikasi

SIAP MEMULAI PERJALANAN ANDA?

Kami siap meningkatkan kualitas dan menerapkan kebijakan berbisnis bertanggung jawab dengan manajemen mutu.

Artikel terkait

Tingkatkan keahlian Anda dengan mengikuti "Pelatihan Ahli K3 Umum Sertifikasi oleh "KEMNAKER"

X