KPS Certification

ISO 14001 - Sistem Manajemen Lingkungan
(Environmental Management Systems)

ISO 14001

ISO 14001 adalah Standar internasional yang merancang metode sistematis dalam usaha untuk menjaga kelestarian lingkungan. Standar ini memfasilitasi organisasi dari berbagai skala untuk merancang dan menerapkan kebijakan yang mendukung kegiatan berbisnis yang bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Apa itu ISO 14001?

ISO 14001 adalah standar internasional yang diakui sebagai Sistem Manajemen Lingkungan atau Environtmental Management Systems (EMS). Standar ini memberikan struktur bagi organisasi dalam merancang dan menerapkan SML, untuk terus meningkatkan kinerja lingkungan mereka.

Dengan mematuhi standar ini, organisasi dapat memastikan langkah-langkah proaktif dalam mengurangi dampak lingkungan mereka, mematuhi persyaratan hukum yang relevan, dan mencapai tujuan lingkungan mereka.

Kerangka kerja ini mencakup berbagai aspek, mulai dari pengelolaan sumber daya dan limbah hingga pemantauan kinerja lingkungan dan melibatkan para pemangku kepentingan dalam komitmen lingkungan.

Mengapa ISO 14001 penting?

Di tengah meningkatnya kesadaran akan lingkungan dan tantangan global seperti perubahan iklim, kehilangan keanekaragaman hayati, serta penipisan sumber daya, peran organisasi menjadi semakin penting.

Standar ini menyediakan pendekatan terstruktur bagi perusahaan untuk menghadapi tantangan-tantangan ini. Dengan mengadopsi standar ini, organisasi menegaskan komitmennya bukan hanya pada kepatuhan hukum, tetapi juga pada upaya perbaikan lingkungan yang berkelanjutan.

Pendekatan proaktif terhadap manajemen lingkungan ini dapat menghasilkan manfaat nyata, seperti pengurangan limbah, efisiensi energi, dan penghematan biaya.

Selain itu, Standar ini juga memperbaiki reputasi organisasi, meningkatkan kepercayaan dari pihak-pihak yang berkepentingan, dan sering kali merupakan langkah penting untuk terlibat dalam perdagangan global dan rantai pasokan.

Dengan kata lain, Sertifikasi ISO menunjukkan komitmen organisasi terhadap masa depan yang berkelanjutan, dengan menggabungkan tanggung jawab lingkungan dan pertumbuhan bisnis yang strategis.

Keutamaan Sertifikasi

Efisiensi
Operasional

membantu perusahaan mengidentifikasi dan mengelola risiko lingkungan, meningkatkan efisiensi operasional, dan mengurangi biaya

Reputasi &
Kredibilitas

komitmen perusahaan terhadap praktik bisnis yang bertanggung jawab terhadap lingkungan, yang dapat meningkatkan reputasi perusahaan di mata mitra bisnis

Akses Pasar Internasional

Perusahaan yang tersertifikasi ISO 14001 dapat mengakses pasar yang lebih luas dan memenangkan tender atau kontrak yang lebih besar

Ruang lingkup dalam ISO menggambarkan kebijakan lingkungan organisasi sistem manajemen lingkungan organisasi. Tujuannya untuk meningkatkan hasil lingkungan dan mematuhi peraturan yang berlaku.

Perusahaan/Organisasi harus mengerti faktor-faktor internal maupun eksternal yang dapat memengaruhi kemampuannya untuk mencapai tujuan yang diharapkan

Pimpinan organisasi harus menunjukkan komitmen serta peran aktif dalam mengawasi implementasi dan pemeliharaan sistem manajemen lingkungan.

Organisasi harus membuat rencana untuk melakukan langkah-langkah, Menetapkan target serta program yang sesuai dengan komitmen perlindungan lingkungan.

Dukungan yang diberikan oleh organisasi dalam menerapkan dan menjaga sistem manajemen lingkungan, termasuk alokasi sumber daya, komunikasi yang efektif, serta pemahaman dan kesadaran dari semua pihak yang terlibat di dalamnya.

Perusahaan/Organisasi harus merencanakan kegiatan operasionalnya dengan mempertimbangkan dampak lingkungan.

Evaluasi kinerja dilakukan untuk menilai sejauh mana tujuan lingkungan tercapai, mengawasi kinerja lingkungan, dan mengambil tindakan perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja lingkungan secara berkelanjutan.

Komitmen untuk terus meningkatkan kinerja sistem manajemen lingkungan mereka. Ini melibatkan mengidentifikasi masalah, menerapkan langkah-langkah untuk memperbaikinya, dan mengevaluasi apakah langkah-langkah tersebut efektif dalam mencapai peningkatan berkelanjutan.

Mengenal Lebih Dalam Tentang ISO 14001

Dengan menerapkan pendekatan terorganisir dalam manajemen lingkungan, perusahaan dapat meraih beragam manfaat yang signifikan. Standar ISO 14001 memberikan kerangka kerja yang terstruktur untuk mencapai hal ini. Anda dapat mengelola tanggung jawab lingkungan dengan lebih efektif dan terstruktur, memberikan nilai tambah bagi lingkungan, organisasi Anda, dan semua pihak yang terlibat.

Sertifikasi ISO 14001 juga menandakan komitmen serius Anda terhadap upaya pencapaian hasil yang berkelanjutan di seluruh aspek organisasi. Dengan demikian, Anda tidak hanya mengikuti standar internasional yang diakui, tetapi juga memperlihatkan kepada dunia bahwa Anda bertanggung jawab terhadap lingkungan.

ISO 14001 menggunakan pendekatan Plan-Do-Check-Act (PDCA) dan berbasis risiko, yang menggabungkan tiga pilar keberlanjutan: pembangunan, transparansi, dan akuntabilitas. Dengan demikian, implementasi Sistem Manajemen Lingkungan tidak hanya menguntungkan perusahaan atau organisasi secara langsung, tetapi juga membantu dalam menjaga keberlanjutan lingkungan secara lebih luas.

Proses Sertifikasi

Application Form

Pengajuan sertifikasi dan melengkapi persyaratannya

Stage I

Melakukan peninjauan, penilaian, dan identifikasi

Stage II

Audit stage II bertujuan untuk verifikasi dan evaluasi

Special Audit

Berupa pemantauan atau investigasi jika diperlukan

Surveillance I

Kegiatan pemantauan setiap 1 tahun, pasca sertifikasi

Surveillance II

Kegiatan pemantauan tahun ke-2 pasca sertifikasi

FAQ

Organisasi dari berbagai ukuran dan sektor yang ingin mengurangi dampak lingkungan mereka, memastikan kepatuhan peraturan, dan menunjukkan komitmen mereka terhadap masa depan yang berkelanjutan sebaiknya mempertimbangkan untuk mengadopsi ISO 14001.

Meskipun ada beberapa standar lingkungan, ISO 14001 menjadi terdepan karena menyediakan kerangka kerja yang holistik untuk Sistem Manajemen Lingkungan, mencakup semua aspek dampak lingkungan organisasi dan menawarkan alat untuk perbaikan berkelanjutan.

Standar itu sendiri mengalami revisi secara berkala (biasanya setiap 5-10 tahun). Organisasi yang bersertifikasi biasanya menjalani audit surveilans setiap tahun, dengan audit sertifikasi ulang setiap 3 tahun.

ISO 14001 memberikan manfaat bagi setiap organisasi di berbagai industri yang ingin menerapkan pendekatan sistematis untuk meningkatkan kinerja lingkungan, termasuk:

  • Industri manufaktur, produksi, dan proses
  • Energi, utilitas, dan sektor ekstraktif
  • Pertanian, perikanan, kehutanan, dan produsen makanan
  • Konstruksi dan perusahaan bangunan
  • Transportasi, distribusi, dan layanan logistik
  • Layanan kesehatan, perhotelan, rekreasi, dan industri layanan lainnya
  • Sektor publik dan lembaga pemerintah.

Ya, banyak standar ISO yang memungkinkan sertifikasi oleh lembaga sertifikasi. Sertifikasi menunjukkan bahwa sebuah organisasi telah mengimplementasikan ISO 14001 secara efektif dan memiliki Environtmental Management Systems (EMS) yang kuat yang memenuhi semua persyaratan standar tersebut. Ini adalah tanda persetujuan yang diakui secara global.

Namun, perusahaan yang menerapkan standar ini dapat memilih apakah mereka ingin menjalani proses sertifikasi atau tidak. Seperti halnya dengan standar sistem manajemen ISO lainnya, beberapa organisasi memilih untuk menerapkan standar tersebut untuk mendapatkan manfaat dari praktik terbaik yang terkandung di dalamnya, sementara yang lain juga ingin mendapatkan sertifikasi untuk memberi keyakinan kepada pelanggan dan klien.

SIAP MEMULAI PERJALANAN ANDA?

Kami siap meningkatkan kualitas dan menerapkan kebijakan berbisnis bertanggung jawab terhadap lingkungan Anda.

Open chat
1
Diskusi dengan kami
Diskusi langsung dengan kami via Chat Whatsapp