KPS Certification

ISO dalam Bisnis

Standar ISO yang Diterapkan di Indonesia

Tahukah Anda, bahwa salah satu elemen paling penting di dalam dunia bisnis yakni mengenai kualitas.
Jika kualitas yang ada benar – benar terjaga dengan baik, maka hal ini akan memberikan kepuasan pelanggan sehingga akan berdampak positif bagi bisnis yang dijalankan.
Membahas soal kualitas bisnis sendiri, hal ini sangat berkaitan erat dengan yang namanya ISO dalam bisnis.
Dengan adanya ISO (International Standardization Organization) ini, maka sudah pasti kualitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan akan terjamin kualitasnya.
Akan tetapi yang menjadi pertanyaan disini adalah, apa saja kira – kira ISO yang diterapkan di Indonesia?
Nah, bagi Anda yang mungkin saja penasaran dan ingin tahu informasi lebih detailnya, maka bisa simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Macam – Macam ISO dalam Bisnis di Indonesia

Sebagai informasi penting bagi Anda, bahwa ISO dalam bisnis yang ada di Indonesia sendiri umumnya ada banyak sekali jenisnya yang sering kali digunakan oleh perusahaan dalam menjalankan bisnis usahanya. Beberapa jenis ISO yang dimaksud tersebut antara lain yakni sebagai berikut :

Standar ISO 9001

Merupakan sistem manajemen mutu paling populer dan sempat diperharui dengan versi terbarunya yakni ISO 9001 : 2008.
ISO ini hadir dengan tujuan utamanya yakni untuk dapat meningkatkan faktor efektivitas dalam manajemen mutu dengan cara melakukan tindakan pendekatan proses.
Yakni mulai dari proses identifikasi, penerapan, pengelolaan dan juga peningkatan berkesinambungan.

Standar ISO dalam Bisnis 14001

Standar ISO dalam bisnis yang lebih memfokuskan pada sistem manajemen lingkungan. Dalam hal ini, pihak yang menerapkan ISO ini harus bisa menelaah dan mamahami aspek serta efek lingkungan yang muncul akibat kegiatan operasional perusahaan.
Adapun faktor yang perlu dipahami dan dilaksanakan yakni manajemen limbah & pengelolaannya serta usaha untuk mencapai efisiensi energi dan bahan bakar.

Standar ISO 22000

ISO-22000
Yakni standar ISO yang berkaitan erat dengan sistem tata kelola keamanan pangan yang mana bagi para pebisnis yang usahanya berhubungan pada bidang makanan dan minuman harus memperhatikan aspek kesehatan dan keselamatan konsumen.
Sehingga dalam hal ini, mereka perlu menaikkan sistem kontrol internal khususnya di bidang produksi.

Standar ISO 27001

ISO dalam bisnis yang lebih dikenal dengan nama Sistem Manajemen Keamanan Informasi atau Information Security Management System (ISMS). Mengenai pengadopsi utama dari standar ISO 27001 ini yakni merupakan perusahaan – perusahaan yang bergerak di bidang informasi.

Standar ISO TS 16949

ISO-16949
ISO TS 16949 merupakan suatu spesifikasi teknis yang dikeluarkan sebagai sistem manajemen mutu pada industri otomotif.
Jenis ISO ini sendiri umumnya memiliki konsep perbaikan yang berjalan secara berkelanjutan, adanya kontrol pemasok dan juga ada tindakan perbaikan dan tindakan pencegahan.

Standar ISO 17025

ISO-17025
Merupakan jenis ISO dalam bisnis yang mana berhubungan erat dengan tata kelola lembaga pengujian dan laboratorium dengan fokus utama yang ditekankan yakni kompetensi laboratorium dan kalibrasi.
Adanya ISO ini berguna untuk memastikan keakuratan hasil pengujian di bidang perdagangan, produksi, kesehatan dan perlindungan pelanggan.

Standar ISO 28000

ISO-28000
Jenis ISO yang juga sering kali digunakan di Indonesia yakni ISO 28000 yang merupakan standar sistem keamanan supply chain atau rantai pasokan.
Adapun pihak pengadopsi standar ISO ini yakni perusahaan – perusahaan yang memiliki tingkat ancaman risiko tinggi.
Seperti misalnya perusahaan manufaktur alat – alat berat, pertambangan, perbankan, fasilitas umum dan lain – lain.
Jadi itulah tadi beberapa jenis ISO dalam bisnis yang ada di Indonesia yang sering kali digunakan oleh perusahaan dalam menjaga kualitas produk yang dihasilkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kpscertification.co.id banner web promo bulan k3 copyKlik pada gambar untuk informasi lebih lanjut

This will close in 20 seconds

Open chat
1
Diskusi dengan kami
Diskusi langsung dengan kami via Chat Whatsapp