KPS Certification

iso-27001-standar-manajemen-keamanan-informasi

ISO 27001 Standarisasi Manajemen Keamanan Informasi

Pada dasarnya, data menjadi salah satu bagian terpenting dari sistem informasi yang memang harus mendapatkan perlindungan optimal agar tingkat keamanannya jauh lebih baik.
Apabila suatu perusahaan tidak dapat melindungan sistem keamanan informasi dan informasi pelanggan, maka hal ini akan dapat menimbulkan dampak yang lebih serius.
Sehingga dalam hal ini diperlukan adanya ISO 27001 standarisasi manajemen keamanan informasi agar dapat mengatasi segala permasalahan yang ada.
Lantas apa sebenarnya ISO standarisasi manajemen keamanan informasi yang perlu Anda ketahui dan pahami, simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Sekilas Informasi Penting Seputar ISO 27001

Penting untuk Anda ketahui, bahwa ISO standarisasi manajemen keamanan informasi (27001) merupakan salah satu wujud standarisasi internasional dengan penetapan spesifikasi tertentu untuk keperluan sistem manajemen keamanan informasi atau dikenal dengan Information Security Management System (ISMS).
Adapun dalam ISO ini sendiri terdiri dari prosedur, kebijakan dan juga kontrol lainnya yang turut melibatkan adanya teknologi, orang dan juga proses yang terbilang kompleks.
Lebih lanjut, ISO 27001 ini didirikan berlandaskan adanya manajemen risiko yang mana tujuannya yakni untuk menentukan kontrol keamanan mana yang memang harus benar – benar dipelihara dan juga diterapkan di dalamnya.
Dengan adanya ISO ini, maka perusahaan akan dapat memanfaatkan standarisasi ini untuk bisa mengelola serta menjaga risiko keamanan informasi perusahaan yang mencakup kerahasiaan, ketersediaan dan juga integritas.

Manfaat Penting Penggunaan ISO Standarisasi Manajemen Keamanan Informasi

manfaat-iso-standarisasi-manajemen-keamanan-informasi
Penggunaan ISO standarisasi manajemen keamanan umumnya memiliki sejumlah manfaat penting yang mana bisa dicapai oleh perusahaan.
Adapun beberapa manfaat yang bisa diperoleh antara lain sebagai berikut :

ISO 27001 Sebagai Bukti Tata Kelola Perusahaan yang Baik

ISO 27001 hadir dengan memberikan manfaat utama yakni menjadikan suatu perusahaan mampu menunjukkan bukti bahwa mereka memiliki sistem tata kelola yang baik dalam penanganan informasi.
Tidak hanya itu saja, perusahaan juga akan dianggap sudah sesuai dengan peraturan hukum dan Undang – Undang yang memang berlaku di suatu negara.

Mampu Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Apabila perusahaan yang dimiliki sudah menerapkan yang namanya ISO standarisasi manajemen keamanan informasi yang baik di dalamnya sedangkan pihak kompetitor tidak memiliki, maka hal ini akan memberikan poin lebih bagi perusahaan Anda.
Dikarenakan dengan adanya kepemilikan ISO yang satu ini, maka nantinya bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan Anda.
Khususnya pelanggan yang memang sangat aware dengan keamanan informasi yang mereka miliki.

Dapat Menekan Angka Pengeluaran Perusahaan

Tahukah Anda, bahwasanya filosofi utama dari adanya ISO 27001 ini yakni untuk dapat mencegah terjadinya insiden keamanan yang terjadi di dalamnya.
Yang mana, setiap insiden baik besar ataupun kecil umumnya membutuhkan yang namanya biaya.
Dengan adanya ISO standarisasi manajemen keamanan informasi ini, maka perusahaan Anda nantinya akan lebih siapa lagi untuk mencegah adanya insiden keamanan yang dapat mengeluarkan biaya.
Sehingga hal inilah yang akan menjadikan Anda lebih menghemat uang perusahaan nantinya.

Menjadikan Organisasi Lebih Baik

Apabila perusahaan yang Anda miliki dapat tumbuh dengan cepat, maka tidak akan mungkin memiliki waktu untuk berhenti dan mendefinisikan proses serta prosedur yang berlaku.
Sehingga konsekuensinya adalah, karyawan Anda nantinya akan sangat sering tidak tahu apa yang memang harus mereka lakukan, kapan dan juga oleh siapa.
Namun dengan adanya penerapan ISO ini, maka dapat membantu menyelesaikan situasi – situasi seperti ini.
Jadi itulah tadi pembahan penting bagi Anda mengenai ISO 27001 yang perlu diketahui dan dipahami lantaran sangat penting bagi perusahaan.

Ikuti webinar yang sedang Kami adakan "Merancang KPI yang Efektif dengan ISO 9001:2015 untuk Kesuksesan Kinerja Karyawan​"

X