KPS Certification

Powered by Langgeng Perkasa Group

iso-14001-sistem-manajemen-lingkungan

ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan

Sudah seharusnya bagi suatu perusahaan untuk mengenal dan memahami arti pentingnya ISO 14001 sistem manajemen lingkungan (SML) lantaran bermanfaat besar bagi peningkatan performa perusahaan secara umum.
Apabila Anda di rumah mungkin juga penasaran mengenai ISO yang satu ini, maka tidak ada salahnya untuk menyimak informasi lengkapnya di artikel berikut ini.

Apa yang Dimaksud dengan ISO 14001 Tentang Sistem Manajemen Lingkungan?

Pada dasarnya, ISO sistem manajemen lingkungan (14001) merupakan standar mengenai sistem manajemen lingkungan atau Environmental Management System (EMS) yang berlaku secara internasional.
ISO ini merupakan salah satu bagian dari standarisasi bagi organisasi, instansi ataupun perusahaan yang memang secara spesifik mengatur tentang lingkungan.
Yang mana di dalamnya berupa segala aktivitas perusahaan dan dampak – dampaknya terhadap lingkungan.
Alasan kenapa perlu memperhatikan dampak lingkungan pada ISO 14001 yakni karena memang organisasi sendiri bukanlah sebuah institusi yang berdiri sendiri.
Sebab mereka berdiri dengan menempati sebuah lingkungan yang terhubung secara langsung dengan banyak individu dan juga instansi lain.
Tidak hanya itu saja, lingkungan juga yang dinilai membentuk suatu organisasi di dalamnya.
Oleh karena itulah, sangat penting bagi perusahaan untuk ikut berperan serta dalam menjaga stabilitas lingkungan, khususnya di tempat ia berdiri.

Bagaimana Rangkaian Proses dalam ISO Sistem Manajemen Lingkungan?

rangkaian-proses-iso-sistem-manajemen-lingkungan
ISO SML sendiri umumnya memiliki beberapa tujuan tertentu bagi organisasi / perusahaan yang menjalankan kegiatan operasionalnya.
Dengan adanya tujuan – tujuan tersebut, maka ISO inilah yang kemudian melakukan serangkaian proses secara terstruktur dan berkelanjutan dalam meningkatkan peran lingkungan di antaranya sebagai berikut.
Baca Juga : 10 klausul ISO 14001

Melakukan Komitmen dan Kebijakan dalam Penerapan ISO 14001

Salah satu rangkaian proses yang dilakukan dalam penerapan ISO 14001 ini yakni perusahaan atau organisasi mempunyai komitmen dalam upaya meningkatkan peran sertanya terhadap lingkungan.
Hal ini dibuktikan dengan merumuskan dan menetapkan sejumlah kebijakan terkait dengan tanggung jawab terbesar berada di tangan pejabat manajemen di tingkat atas.

Proses Perencanaan

Selanjutnya ada proses perencanaan yang mana pihak organisasi nantinya akan melakukan proses identifikasi persoalan lingkungan apa saja yang timbul sebagai akibat dari kegiatan operasional yang dilakukan.
Tidak hanya itu, disini mereka juga akan memastikan seberapa besar dampak negatif yang ditimbulkan yang harus diminimalisir sedini mungkin.

Tahap Implementasi / Penerapan

Pada tahapan implementasi / penerapan ISO 14001 ini, maka perusahaan akan menerapkan rencana secara factual dengan memanfaatkan segala sumber daya yang memang diperlukan di dalamnya. Dimana dalam hal ini bisa saja termasuk adanya penyuluhan dan pelatihan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan para karyawan.
Maupun dengan adanya hal – hal pendukung seperti misalnya dokumentasi, pembuatan prosedur operasi dan lain – lain.

Langkah Evaluasi

Rangkaian proses yang keempat yakni dengan melakukan langkah evaluasi dengan cara melakukan peninjauan terhadap pelaksanaan rencana untuk dapat memastikan tercapai atau tidaknya tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.
Apabila tidak tercapai, maka dalam hal ini dapat dilanjutkan dengan menentukan tujuan dan target – target yang baru.

Proses Pengkajian Kembali

Adapun rangkaian proses dalam ISO 14001 yang terakhir yakni dengan melakukan pengkajian kembali hasil evaluasi perusahaan atau organisasi untuk dapat mengetahui seberapa besar peran ISO serta efektif atau tidaknya ISO jika diterapkan di perusahaan nanti.
Selain itu, penggunaan ISO ini jugalah yang akan membantu dalam melihat apakah kebijakan lingkungan melalui rangkaian – rangkaian proses tadi sudah sesuai dengan nilai – nilai perusahaan atau tidak.
Demikianlah tadi informasi penting bagi Anda mengenai apa itu ISO 14001 dan sejumlah rangkaian proses yang umum dilakukan perusahaan atau organisasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tingkatkan keahlian Anda dengan mengikuti "Pelatihan Ahli K3 Umum Sertifikasi oleh "KEMNAKER"

X