KPS Certification

Powered by Langgeng Perkasa Group

ISO-37001

ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Penyuapan

Hingga sejauh ini, hampir setiap hari di media nasional sering kali memberitakan masalah korupsi dan suap yang kini dikatakan sudah menjadi isu global.
Adanya masalah ini tentu saja akan berdampak buruk lantaran dapat mengganggu stabilitas politik, meningkatkan biaya bisnis dan juga sangat berkontribusi dengan angka kemiskinan di suatu negara.
Bahkan ISO sendiri turut menilai bahwa kasus suap menjadi salah satu masalah dunia yang paling merusak dan kompleks sehingga akhirnya mereka mengeluarkan ISO 37001 mengenai sistem manajemen anti penyuapan.
Adapun bagi Anda yang mungkin saja penasaran akan ISO ini dan ingin tahu informasi lebih detailnya, maka bisa menyimak pada artikel berikut. Baik itu dari mulai pengertian, keuntungan sampai dengan langkah – langkah penerapannya.

Sekilas Pengertian Tentang ISO 37001

ISO 37001 sendiri dikenal sebagai suatu sistem manajemen anti suap didesain sedemikian rupa untuk memberikan kemudahan bagi organisasi dalam melakukan tugasnya dan khususnya berguna untuk dapat meningkatkan program anti-suap.
Adapun ISO ini hadir dengan menggunakan sistem pendekatan berbasis risiko yang dapat memungkinkan bagi perusahaan untuk membuat keputusan lebih baik mengenai mitra bisnis dan pihak ketiga.
Caranya yakni dengan memahami dan selalu proaktif dalam proses pengelolaan risiko yang bakal hadir dari jalinan hubungan kerja sama yang dilakukan tersebut.
Penggunaan ISO sistem manajemen anti penyuapan sendiri dikatakan sebagai alat yang cukup fleksibel digunakan di setiap organisasi, usaha berskala besar atau kecil, baik itu sektor publik, swasta maupun non profit sekalipun.
Bahkan hal ini juga bisa disesuaikan berdasarkan ukuran dan juga sifat organisasi dan risiko suap yang dihadapinya.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan ISO Sistem Manajemen Anti Penyuapan?

Apa Saja Keuntungan Menggunakan ISO Sistem Manajemen Anti Penyuapan
Kehadiran ISO 37001 ini dinilai sangat menguntungkan bagi perusahaan ataupun organisasi. Dimana keuntungan yang ditawarkan antara lain sebagai berikut :
  • Membantu perusahaan dalam menerapkan sistem anti manajemen suap maupun dalam meningkatkan kontrol yang ada.
  • Dapat membantu dalam memberikan jaminan kepada pihak manajemen dan pemilik dari suatu organisasi dan penyandang dana, pelanggan maupun rekan bisnis lainnya, bahwa mereka mampu melaksanakan praktik kontrol anti suap yang baik dan sudah diakui secara internasional.
  • Membantu memberikan bukti kepada jaksa atau pengadilan bahwa perusahaan sudah mengambil langkah – langha untuk mencegah penyuapan dalam hal penyelidikan.

Bagaimana Cara Penerapan ISO Sistem Manajemen Anti Penyuapan?

Dalam sebuah perusahaan atau organisasi, ISO sistem manajemen anti penyuapan bisa diterapkan dengan mudah melalui beberapa serangkaian tertentu.
Agar supaya Anda lebih paham mengenai serangkaian proses yang dilakukan di dalamnya, maka ada baiknya untuk menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Saja Langkah – langkah Penting dalam Penerapan ISO 37001?

Mengenai penerapan ISO 37001, beberapa serangkaian yang dilakukan antara lain sebagai berikut :
  • Melakukan proses kebijakan anti-suap, prosedur / langkah – langkah dan proses pengendalian dengan baik dan benar.
  • Melakukan proses kepemimpinan dan juga komitmen dari pimpinan.
  • Mulai melakukan penunjukan pengawas anti suap.
  • Mulai melakukan proses anti suap terhadap semua pihak yang terakit di dalamnya.
  • Proses melakukan penilaian terhadap risiko suap untuk semua aktivitas yang dilakukan di dalam perusahaan / organisasi.
  • Melakukan serangkaian proses di antaranya yakni pelaporan, monitoring, investigasi dan juga ulasan – ulasannya.
  • Melakukan tindakan korektif dan juga perbaikan secara terus menerus.
Itulah tadi penjelasan lengkap yang bisa Anda ketahui dan pahami lebih mendalam terkait pengertian, keuntungan dan juga langkah – langkah penerapan ISO 37001 dalam meminimalsiir terjadinya penyuapan di dalam organisasi atau perusahaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tingkatkan keahlian Anda dengan mengikuti "Pelatihan Ahli K3 Umum Sertifikasi oleh "KEMNAKER"

X