ISO 22301:2012 (BCMS) Solusi untuk Keberlangsungan Bisnis

ISO 22301:2012 (Business Continuity Management System) adalah standar internasional yang memberikan dan menentukan persyaratan untuk sistem manajemen keberlangsungan bisnis.

Standar ISO 22301 ini memberikan panduan bagi organisasi, perusahaan atau badan usaha untuk membangun bisnis yang keberlanjutan, dengan mengurangi peristiwa yang dapat menganggu keberlangsungan bisnis, cara merespon kejadian, dan pemulihan pasca kejadian.

Sistem manajemen ISO 22301 yang dikembangkan oleh Organisasi Standarisasi Internasional pada tahun 2012 ini dibuat oleh para spesialis di lapangan, yang memberikan kerangka atau model manajemen bisnis yang berkelanjutan. Pada ISO 22301 menekankan beberapa hal penting seperti dibawah ini :

  • Memahami kebutuhan perusahaan serta menetaokan kebutuhan dengan membuat kebijakan bisnis dan tujuan untuk keberlangsungan bisnis.
  • Menerapkan dan melakukan operasi kontrol dan langkah-langkah untuk manajemen kemampuan keseluruhan organisasi untuk mengatasi insiden atau peristiwa yang menganggu
  • Pemantauan dan meninjau kinerja dan efektivitas sistem kelangsungan bisnis, dan
  • Perbaikan berkelanjutan berdasarkan pengukuran yang objektif.

Apabila sebuah organisasi atau perusahaan tidak membentuk BCMS (Business Continuity Management System) secara efektif, yang mampu mengatasi serangkaian kerugian yang ditimbulkan akibat musibah yang terjadi.

Baca juga : Klausul ISO 27001:2013 Dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Maka ada konsekuensi yang harus ditanggung yakni serangkaian kerugian seperti kerusakan reputasi, masalah krisis keuangan, kehilangan pelanggan, kepercayaan yang hilang dari investor dan lainnya.

ISO 22301:2012 adalah solusi untuk bisnis yang berkelanjutan, dengan menerapkan tahapan-tahapan antisipasi, dan panduan dalam melakukan penanggulangan dini atas potensi kejadian yang mungkin terjadi:

  • Manajemen identifikasi risiko/ancaman saat ini dan masa depan
  • Meminimalisir dampak dari ancaman/musibah, serta menjaga fungsi utama perusahaan dalam masa krisis.
  • Meningkatkan kapasitas untuk meminimalkan downtime setelah insiden apapun.
  • Mempercepat waktu pemulihan pasca insiden, dan menunjukan citra positif terhadap pelanggan, suppplier, dan penawaran tender.

Persyaratan standar ISO 22301:2012 bisa diterapkan di semua jenis perusahaan atau organisasi, dari skala kecil hingga besar, profit atau non-profit, swasta atau publik, semuanya dapat menggunakan panduan bisnis dari ISO 22301:2012.

Tidak hanya itu ISO 22301:2012 juga dirancang agar tidak tumpang tindih dengan ISO lainnya, sehingga dapat berjalan secara bersamaan tanpa menimbulkan konflik. Dengan panduan dan ketentuan yang ada  di BCMS ISO 22301. Yang membedakan ISO 22301 dengan kerangka bisnis lainnya adalah organisasi atau perusahaan mendapatkan sertifikasi yang terakreditasi internasional dan membuktikan kepatuhan terhadap konsumen, mitra dan pemangku kepentingan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Open chat
Diskusi dengan kami
Diskusi langsung dengan kami via Chat Whatsapp