Tips Memperhitungkan Harga Untuk Tender

Cara menentukan harga tender – Melakukan perencanaan dan memperhitungkan harga tender untuk bisa memenangkan lelang serta mendapatkan kontrak proyek adalah hal yang perlu direncakan dengan baik, memperhitungkan harga tender merupakan bagian dari strategi.

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebelum menentukan harga tender, dan pada artikel kali ini adalah tips-tips yang bisa Anda lakukan.

Cara Menentukan Harga Tender

1) Menganalisa harga peserta tender lain atau kompetitor

Persaingan pada sektor harga saat tender memang menjadi faktor yang menentukan, melakukan analisa harga kompetitor dari mulai yang terendah hingga tertinggi menjadi hal yang harus dilakukan.

Namun harga murah bukanlah satu-satunya cara untuk menang, terkadang harga rata-rata juga bisa menang dan harga terendah bahkan dibawah nilai wajar bisa sangat mencurigakan dan dilakukan evaluasi kewajaran harga oleh peserta lain.

Melalui RAB atau daftar Kuantitas dan harga, Analisa Harga Satuan dan Upah Bahan kepada Pokja Pemilihan melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), harga yang tidak wajar dapat diadukan dan dianulir kemenangannya.

2) Membuat strategi penawaran terendah

Untuk bisa mendapatkan harga terendah yang wajar dan tanpa harus mengurangi kualitas dibutuhkan strategi dengan cara membuat metode kerja yang efisien dan cocok untuk digunakan untuk proyek tersebut.

Sehingga dengan metode kerja yang efisien dan efektif dapat mengurangi biaya kerja, tanpa harus mengorbankan kualitas kinerja.

3) Menjalin hubungan dengan supplier dan pihak lain

Relasi yang baik dengan supplier dan pihak luar akan bisa sangat menguntungkan. Dengan memiliki hubungan baik seperti supplier material, perangkat kerja, bahan pokok dan lainnya akan memudahkan Anda dalam bernegosiasi perihal harga dan tentunya mendapatkan harga murah.

Baca juga : Tahapan dan Persyaratan Mengikuti Tender

4) Memiliki rekan/tenaga kerja yang profesional

Cara menentukan harga tender yang terakhir adalah Mencari rekanan kerja yang profesional dan membangun hubungan yang baik dengan para profesional, ini bisa membantu Anda dalam memperhitungkan estimasi harga perihal tenaga kerja yang bagus untuk bisa melaksanakan proyek yang di lelang.

Kemudian menyusun rancangan pengerjaan yang efektif dan efisien, sehingga semua pengerjaan bisa dilakukan dengan kualitas yang seharusnya, tepat waktu, dan maksimal dengan biaya yang rendah. Demikian adalah tips atau cara menentukan harga tender proyek, dengan mengaplikasikan cara-cara diatas kiranya Anda bisa menentukan estimasi harga yang tepat, dan paling sesuai sehingga meningkatkan kesempatan Anda dalam memenangkan proyek.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Open chat
Diskusi dengan kami
Diskusi langsung dengan kami via Chat Whatsapp