Sertifikat ISO 9001 untuk perusahaan apa/siapa?

Sertifikat ISO – Perusahaan-perusahaan yang ingin besaing baik nasional ataupun global harus memiliki standar kualitas, seperti manajemen mutu, lingkungan, keselamatan kesehatan dan masih banyak lainnya. Standar kualitas dibuktikan dengan sertifikat atau lisensi, dengan memiliki sertifikat dapat meningkatkan kepercayaan publik.

Sertifikat ISO 9001 adalah sertifikasi manajemen kualitas mutu, yang membuktikan proses pengerjaan dan hasil kerjaan sudah memiliki jaminan kualitas mutu yang baik. Kualitas mutu yang baik dihasilkan dari SOP pengerjaan yang benar.

Sertifikasi ISO 9001 diperuntukan bagi perusahaan yang ingin mengekspansi bisnis, mengikuti tender, atau membuka lelang proyek. Sertifikat ISO 9001 juga wajib dimiliki untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang konstruksi atau pembangunan.

Baik itu konsultan atau jasa konstruksi minimal memiliki standar ISO 9001, ISO 14001, dan juga ISO 45001.

Namun pada umumnya standar manajemen kualitas mutu wajib dimiliki oleh setiap perusahaan diluar bidang konstruksi. ISO 9001 adalah standar yang mengatur operasional prosedur untuk menghasilkan barang/jasa yang berkualitas.

Baca juga : Requirement / Syarat untuk ISO 9001 : 2015 (sistem manajemen mutu)

Pentingnya Memiliki Sertifikat ISO 9001

ISO 9001 dibutuhkan untuk kontrol proses dan sistem baku pengerjaan yang memastikan setiap pengerjaan sesuai dengan standar sistem yang telah diatur, meskipun ada pergantian SDM. Selain itu tujuan dari ISO 9001 adalah meningkatkan kepuasan pelanggan.

1 ) Menjamin kualitas mutu

Sertifikat ISO 9001 jaminan mutu dari perusahaan untuk publik, atau relasi yang ingin bekerja dengan perusahaan tersebut. Selain itu juga sistem manajemen mutu ISO 9001 terus diperbaiki seiring dengan waktu, dan di sesuaikan dengan kebutuhan global.

2 ) Meningkatkan Trust terhadap perusahaan

Kepercayaan didapat dari publik dari jaminan kualitas yang diberikan oleh perusahaan, kualitas bisa dibuktikan dengan sertifikat kualitas mutu. Dan memastikan jasa/produk yang diproduksi selalu memiliki kualitas yang sama.

3 ) Kepuasan pelanggan

Sertifikasi ISO 9001 berorientasi pada kepuasan pelanggan, dan memastikan produk/jasa yang digunakan oleh pelanggan sesuai dengan standar. Penangangan mutu yang diterapkan dengan SOP tercermin pada kualitas barang yang dihasilkan.

4 ) Terdokumentasi dengan baik

Dokumentasi yang baik di setiap proses pengerjaan merupakan ciri dari perusahaan yang mengedepankan kualitas. ISO 9001 juga mengatur perihal dokumentasi, yang dapat dijadikan bahan evaluasi dan pengawasan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Open chat
Diskusi dengan kami
Diskusi langsung dengan kami via Chat Whatsapp