Requirement / Syarat untuk ISO 9001 : 2015 (sistem manajemen mutu)

Sistem manajemen mutu atau sertifikasi ISO 9001 : 2015 adalah standar yang dikeluarkan oleh badan standarisasi internasional untuk kebutuhan akreditasi dalam hal quality management systems untuk jasa, layanan, atau produk yang dihasilkan. 

ISO 9001 mengacu pada kualitas sistem aktivitas atau produksi yang sesuai dengan kelayakan dan ketentuan, sehingga produk atau jasa dan layanan yang dihasilkan berkualitas baik serta memenuhi syarat untuk digunakan, di produksi massal, dan dipasarkan. 

Sertifikasi ISO 9001 : 2015 dibutuhkan ketika perusahaan atau organisasi membutuhkan akreditasi atau sertifikasi untuk hal-hal dibawah ini. 

  1. Menunjukan kemampuan secara konsisten untuk menyediakan layanan atau produk yang memenuhi persyaratan konsumen, dan sesuai dengan regulasi yang berlaku. 
  2. Untuk meningkatkan kepuasan konsumen melalui penerapan sistem yang efektif dan aman, termasuk proses untuk peningkatan sistem dan jaminan kesesuaian dengan konsumen.

Semua persyaratan ISO 9001: 2015 adalah generik (umum) dan dimaksudkan untuk diterapkan pada organisasi apapun, terlepas dari jenis atau ukuran perusahaan/organisasinya, atau produk dan layanan yang disediakannya.

Perusahaan/organisasi yang ingin mendapatkan sertifikasi ISO 9001 : 2015 bisa melakukan pengajuan kepada Lembaga atau Badan sertifikasi resmi yang ada di Indonesia. Dan untuk mendapatkan akreditasi sistem manajemen mutu ini, perusahaan/organisasi harus menerapkan sistem manajemen mutu IS0 9001:2015 dan lulus audit atau uji kelayakan. 

Pada versi terbaru yakni ISO 9001 : 2015 sebelum dilakukan proses audit oleh Badan atau Lembaga sertifikasi resmi, terlebih dahulu perusahaan/organisasi yang bersangkutan akan dimintai informasi-informasi tertulis, perihal perusahaan telah benar-benar menerapkan standar ISO 9001  : 2015. 

Dokumen-dokumen informasi yang dibutuhkan untuk dilakukan audit di antara lainnya seperti dokumen konteks organisasi, identifikasi kebutuhan dan juga ekspektasi para stakeholder, identifikasi internal/eksternal issue, kebijakan perusahaan, bukti internal audit dan management review, dan beberapa dokumen mengenai prosedur core process. 

Perusahaan harus membangun standar mutu, kemudian menerapkan pada segala aktivitas, memelihara dan menjaga agar standar mutu tetap berjalan sesuai ketentuan. Perusahaan/organisasi juga harus meningkatkan sistem manajemen mutu sesuai dengan persyaratan ISO 9001:2015. Adapun proses-proses yang dibutuhkan harus mengidentifikasi hal-hal berikut ini. 

  • Input dan output sesuai dengan urutan proses serta interaksinya
  • KPI (key performance indicator) dan pengendaliannya
  • Resource, tanggung jawab, dan wewenang
  • Risk and Opportunity (6.1).
  • Metode pengawasan, review dan juga evaluasi.

Demikian adalah persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan sertifikasi ISO 9001 : 2015 (sistem manajemen mutu), Anda juga bisa melakukan pengajuan audit standar ke Kualitas Prima Sertifikasi, selaku badan resmi sertifikasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Open chat
Diskusi dengan kami
Diskusi langsung dengan kami via Chat Whatsapp