KPS Certification

kpscertification.co.id Berapa Biaya sertifikasi ISO 9001 Ini rinciannya

Berapa Biaya sertifikasi ISO 9001? Ini rinciannya!

Apakah Anda pernah mendengar berapa jumlah apa dan berapa biaya sertifikasi ISO 9001? Rupanya merupakan salah satu standar internasional pada bidang sistem manajemen mutu.

Ketika suatu lembaga sudah mendapatkan akreditasi ataupun pengakuan independen dari ISO tersebut. Maka betul-betul memenuhi percakapan internasional untuk sistem manajemen mutunya.

Apa Manfaat Mendapatkan Sertifikasi ISO 9001?

Sebetulnya jika melihat secara umum, adanya standar ISO 9001 ini guna menjamin kesesuaian sebuah proses terhadap produk. Sebelum mengetahui biayanya maka ini Anda sangat penasaran sekali tentang bagaimana manfaatnya bukan?.

Keberadaan dari sertifikasi ini ternyata membuat siapa saja yang memilikinya memperoleh reputasi kuat sebagai perusahaan dengan komitmen pada kualitas. Jadi kepercayaan pun semakin meningkat untuk menggunakan layanan perusahaan.

Kemudian, salah satu fokus keberadaan dari sistem stratifikasi ini adalah kepuasan dari pelanggan. Ketika standar manajemen munculnya kuat dan juga ketat maka pengalaman dari pelanggan pun semakin meningkat tinggi.

Misalnya ingin meminimalisir terjadinya keluhan dan juga memastikan jika produk dan layanan sesuai dengan harapan mereka. Karena secara otomatis dengan adanya standarisasi itu mampu mendorong perusahaan agar lebih mengidentifikasi ataupun mengurangi ketidaksesuaian.

Penyebab Dalam Mempengaruhi Biaya Sertifikasi

Perlu Anda pahami jika biaya untuk sertifikasi isu itu sebetulnya akan dipengaruhi oleh berbagai macam penyebab. Jadi sebelum mengetahui bagaimana estimasi dari alokasi biayanya. Maka harus paham terlebih dahulu alasan-alasan seperti berikut ini!

Faktor Biaya Sertifikasi ISO 9001, Jumlah Staff Atau Karyawan

kpscertification.co.id Faktor Biaya Sertifikasi ISO 9001, Jumlah Staff Atau Karyawan

Faktor pertama yang memberikan pengaruh cukup signifikan pada biaya yaitu adalah jumlah dari karyawan ataupun stafnya. Guna memahami, sebetulnya jumlah karyawan dalam suatu perusahaan itu akan membuat pembiayaan jadi semakin tinggi.

Misalnya saja terdapat suatu perusahaan manufaktur dengan staf yang kurang lebih sekitar 100 hingga 500 orang. Jadi mengenai implementasinya proses dalam pembangunan kesadaran atau everness sangat membutuhkan waktu yang cukup lama.

Bukan hanya itu saja, sifat dari setiap individu para staf atau karyawan itu pasti berbeda bukan. Inilah alasan kenapa sangat diperlukan suatu metode yang betul-betul terencana agar mampu memastikan terjadinya pencapaian persiapan sertifikasi ISO yang bisa berjalan.

Konsultan Yang Mengurusi ISO

Setiap sertifikasi ISO ternyata hanya dapat diterbitkan oleh lembaga yang profesional dan juga terdaftar. Jadi tidak seperti dokumen badan usaha yang cukup umum. Untuk tipe ISO 9001 ini perlu bantuan dari seorang konsultan dalam proses pengurusannya.

Sedangkan di negara Indonesia sendiri memang telah banyak sekali jasa sertifikasi ISO. Alhasil membuat Anda bisa memakai jasa tersebut untuk biaya pengurusannya pun akan jauh lebih kompetitif. Tetapi perhatikan juga tentang quotation ataupun proses penawarannya.

Estimasi Biaya Sertifikasi ISO

Perlu Anda pahami jika ternyata biaya dalam melakukan sertifikasi ISO 9001 itu akan tergantung dari paket apa yang Anda pilih. Biasanya jika memilih paket yang betul-betul lengkap maka nilainya antara 18 juta sampai 35 juta.

Paket lengkap tersebut nantinya sudah termasuk pelatihan awareness sistem dari manajemen mutu. Lalu adanya training audit internal, terdapat paket gap analysis. Namun, alangkah baiknya Anda langsung pilih paket lengkap.

Demikianlah penjelasan yang bisa diberikan kepada Anda tentang berapa banyak biaya sertifikasi ISO 9001. Pastikan juga untuk menyiapkan budget yang mencukupi ya. Sesuaikan pula dengan jumlah karyawan yang mau diikutkan dalam pelatihan tersebut.

Semoga bermanfaat ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ikuti webinar yang sedang Kami adakan "Merancang KPI yang Efektif dengan ISO 9001:2015 untuk Kesuksesan Kinerja Karyawan​"

X