KPS Certification

Powered by Langgeng Perkasa Group

kpscertification.co.id-Cara-menjadi-auditor-iso-9001

Kompetensi untuk menjadi Auditor ISO 9001:2015

Untuk menjadi seorang auditor internal ISO 9001:2015 yang kompeten, Anda perlu memiliki kombinasi keterampilan teknis, pengetahuan tentang standar ISO 9001:2015, dan kemampuan interpersonal.

ISO 9001:2015 sendiri adalah standar internasional yang mengatur Sistem Manajemen Mutu (Quality Management System atau QMS). ISO 9001 dirancang untuk membantu organisasi meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka, memastikan kepuasan pelanggan, dan mencapai efisiensi operasional yang lebih baik.

Untuk bisa menjadi Auditor ISO 9001 internal di dalam sebuah perusahaan, yang perlu dilakukan adalah mendapatkan sertifikat pelatihan ISO 9001:2015 dari lembaga sertifikasi ISO, Namun jika Anda ingin menjadi Auditor ISO 9001 di lembaga audit atau auditor eksternal yang melakukan audit terhadap perusahaan lain, Anda perlu mengikuti pelatihan lead auditor dari IRCA (International Registered of Certified Auditors)

Dan jika Anda berminat ingin menjadi auditor internal/eksternal sistem manajemen mutu, selain mempelajari klausul-klausul ISO 9001 secara mendalam, Anda juga perlu memiliki 10 keterampilan berikut ini :

Keterampilan untuk menjadi auditor ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu)

1. Pengetahuan Tentang ISO 9001:2015

Anda harus memahami persyaratan standar ISO 9001:2015 dengan sangat baik. Ini termasuk pemahaman tentang struktur standar, prinsip-prinsip manajemen mutu, dan persyaratan spesifik yang relevan untuk organisasi Anda.

2. Keterampilan Audit

Anda harus memiliki keterampilan audit yang kuat, termasuk kemampuan untuk merencanakan audit, mengumpulkan bukti, dan melakukan evaluasi objektif. Keterampilan ini mencakup:

  • Pemahaman Terhadap Audit:
    Memahami prinsip-prinsip audit, metode audit, dan terminologi yang terkait.
  • Kemampuan Pengumpulan Data:
    Mengumpulkan bukti-bukti yang relevan selama audit melalui wawancara, pengamatan, dan pemeriksaan dokumen.
  • Analisis dan Penilaian:
    Mampu menganalisis data dan informasi yang dikumpulkan untuk menilai tingkat kepatuhan dan efektivitas Sistem Manajemen Mutu.

3. Kemampuan Komunikasi

Seorang auditor internal harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Ini mencakup kemampuan untuk mengajukan pertanyaan dengan jelas, mendengarkan dengan teliti, dan menyampaikan temuan audit dengan jelas dan objektif.

Baca juga : Keunggulan Memiliki Sertifikasi ISO 9001

4. Kemampuan Berpikir Analitis

Anda harus dapat menganalisis informasi dengan kritis untuk mengidentifikasi ketidaksesuaian atau peluang perbaikan. Kemampuan berpikir analitis membantu Anda dalam mengevaluasi efektivitas Sistem Manajemen Mutu.

5. Pengetahuan Industri

Memahami industri tempat Anda bekerja adalah aset berharga. Ini membantu Anda dalam memahami konteks di mana Sistem Manajemen Mutu beroperasi dan bagaimana menerapkan prinsip-prinsip ISO 9001:2015 secara praktis.

6. Etika Profesional

Seorang auditor harus mematuhi kode etik yang ketat, termasuk prinsip-prinsip keadilan, obyektivitas, dan integritas. Anda harus dapat menjaga kerahasiaan informasi yang dikumpulkan selama audit.

7. Kemampuan Manajemen Waktu

Auditing seringkali memiliki jadwal yang ketat. Kemampuan untuk mengelola waktu dengan baik sangat penting dalam menyelesaikan audit sesuai dengan rencana.

8. Kemampuan Beradaptasi

Situasi selama audit dapat bervariasi. Kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi yang berubah, menangani konflik, dan tetap tenang dalam situasi yang menegangkan sangat penting.

9. Pelatihan Audit

Memiliki sertifikasi atau pelatihan khusus dalam audit ISO 9001:2015 dapat memperkuat kredibilitas Anda sebagai auditor internal.

10. Kemampuan Memberikan Umpan Balik

Setelah audit, Anda harus dapat memberikan umpan balik yang konstruktif kepada tim manajemen dan departemen yang diaudit. Ini membantu dalam perbaikan berkelanjutan.

Ingatlah bahwa auditor internal bertanggung jawab untuk memastikan bahwa Sistem Manajemen Mutu (QMS) organisasi berjalan sesuai dengan standar ISO 9001:2015 dan dapat memberikan nilai tambah. Kompetensi dalam hal ini sangat penting untuk menjalankan tugas dengan efektif dan memberikan manfaat nyata kepada organisasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tingkatkan keahlian Anda dengan mengikuti "Pelatihan Ahli K3 Umum Sertifikasi oleh "KEMNAKER"

X