KPS Certification

SMK2 PUPR No 10 Tahun 2021 tentang Pedoman SMKK

Pada tanggal 10 Mei 2021, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Indonesia mengeluarkan kebijakan baru tentang Pedoman Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) di bidang konstruksi sipil, atau yang lebih dikenal dengan SMK2 PUPR Nomor 10 Tahun 2021.
Pedoman SMKK ini menjadi acuan bagi lembaga pendidikan kejuruan di bidang konstruksi sipil dalam mengembangkan kurikulum dan program pendidikan yang memenuhi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).
Tujuan utama dari kebijakan ini adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang konstruksi sipil, serta meningkatkan daya saing Indonesia di pasar global.
Salah satu aspek penting dari Pedoman SMKK adalah peningkatan kualitas dan relevansi kurikulum pendidikan kejuruan di bidang konstruksi sipil.
Lembaga pendidikan kejuruan harus memastikan bahwa kurikulum yang diterapkan memenuhi standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI) dan dapat memenuhi tuntutan industri di bidang konstruksi sipil.
Selain itu, Pedoman SMKK juga mendorong lembaga pendidikan kejuruan untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pelatihan, termasuk pengembangan metode pengajaran yang inovatif dan memanfaatkan teknologi terbaru.
Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa lulusan pendidikan kejuruan memiliki kemampuan dan keterampilan yang relevan dan up-to-date dengan tuntutan pasar kerja di bidang konstruksi sipil.
Pedoman SMKK
Pedoman SMKK juga menekankan pentingnya kerja sama antara lembaga pendidikan kejuruan dan industri dalam mengembangkan kurikulum dan program pendidikan.
Industri di bidang konstruksi sipil harus memberikan masukan dan dukungan dalam pengembangan kurikulum dan program pendidikan, serta memberikan pelatihan dan pengalaman kerja bagi lulusan pendidikan kejuruan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan mereka di bidang konstruksi sipil.
Selain itu, Pedoman SMKK juga menekankan pentingnya pengukuran dan penilaian kinerja siswa dalam memastikan bahwa lulusan pendidikan kejuruan memiliki kemampuan dan keterampilan yang memenuhi standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI) di bidang konstruksi sipil.
Pengukuran dan penilaian kinerja siswa harus dilakukan secara objektif dan transparan, dan dapat diakses oleh masyarakat umum sebagai bentuk akuntabilitas.
Dalam rangka implementasi Pedoman SMKK, pemerintah juga akan memberikan dukungan dan bantuan teknis kepada lembaga pendidikan kejuruan di bidang konstruksi sipil.
Bantuan teknis ini meliputi pelatihan dan pendampingan, dukungan dalam pengembangan kurikulum dan program pendidikan, serta penyediaan sumber daya dan fasilitas pendidikan yang memadai.
Secara keseluruhan, Pedoman SMKK yang dikeluarkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Indonesia merupakan kebijakan penting yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang konstruksi sipil di Indonesia.
Dengan adanya Pedoman SMKK, diharapkan lembaga pendidikan kejuruan di bidang konstruksi sipil dapat mengembangkan kurikulum dan program pendidikan yang memenuhi standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI) dan tuntutan pasar kerja di bidang konstruksi sipil.
Pedoman SMKK juga mendorong lembaga pendidikan kejuruan untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pelatihan, serta bekerja sama dengan industri di bidang konstruksi sipil dalam pengembangan kurikulum dan program pendidikan.
Dukungan dan bantuan teknis dari pemerintah juga akan diberikan kepada lembaga pendidikan kejuruan di bidang konstruksi sipil dalam rangka implementasi Pedoman SMKK.
Diharapkan dengan adanya Pedoman SMKK, lulusan pendidikan kejuruan di bidang konstruksi sipil di Indonesia dapat memiliki kemampuan dan keterampilan yang relevan dengan tuntutan pasar kerja di bidang konstruksi sipil, sehingga dapat meningkatkan daya saing Indonesia di pasar global dan memajukan industri konstruksi sipil di Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kpscertification.co.id banner web promo bulan k3 copyKlik pada gambar untuk informasi lebih lanjut

This will close in 20 seconds

Open chat
1
Diskusi dengan kami
Diskusi langsung dengan kami via Chat Whatsapp