KPS Certification

KAN-komite-akreditasi-nasional

KAN (Komite Akreditasi Nasional)

Tahukah Anda, bahwa dalam proses pengurusan sertifikasi ISO (International Standarization Organization) umumnya ada beberapa badan atau lembaga terakreditasi yang bisa kita jadikan pilihan.

Di antaranya yakni seperti Komite Akreditasi Nasional (KAN), International Accreditation Service (IAS), United Kingdom Accreditation Service (UKAS) dan berbagai lembaga – lembaga lainnya.

Akan tetapi yang menjadi pertanyaan disini adalah, tahukah Anda apa sebenarnya lembaga KAN tersebut dan apa saja rekomendasi KAN yang bisa dipilih dalam membantu proses pengurusan sertifikasi ISO?

Nah, jika Anda sendiri mungkin saja penasaran, maka tidak ada salahnya menyimak informasi selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Pengertian dan Rekomendasi Jasa Layanan Komite Akreditasi Nasional (KAN)

Agar supaya Anda lebih paham mengenai Komite Akreditasi Nasional (KAN), maka bisa menyimak ulasan lebih lengkapnya di penjelasan berikut ini seputar pengertian dan juga rekomendasinya.

Apa yang Dimaksud dengan Lembaga Komite Akreditasi Nasional (KAN)?

Pada dasarnya, Komite Akreditasi Nasional sendiri merupakan suatu lembaga akreditas yang mana digunakan dalam proses sertifikasi ISO yang berasal dari Indonesia.

Komite Akreditasi Nasional sendiri dikatakan sebagai lembaga non struktural (LSN) yang memiliki tugas dan tanggung jawab di bidang akreditasi penilaian kesesuaian.

Apabila merujuk pada peraturan Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian, KAN sendiri memiliki kedudukan posisi di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden lewat pihak Kepala Badan Standardisasi Nasional atau disingkat menjadi BSN.

Dalam hal ini, Komite Akreditasi Nasional yang didirikan pada tahun 1992 sendiri hadir sebagai lembaga yang memberikan akreditasi kepada beberapa pihak baik itu Lembaga Sertifikasi, Laboratorium, Lembaga Inspeksi, Penyedia Uji Profisiensi dan juga Produsen Bahan Acuan.

Selain itu, Komite Akreditasi Nasional juga merupakan anggota penuh dari beberapa gabungan.

Di antaranya yakni seperti Pacific Accreditation Cooperation (PAC), International Accreditation Forum (IAF), Asia Pasific Laboratory Accreditation Cooperation (APLAC) dan International Laboratory Accreditation Cooperation (ILAC).

Lebih lanjut, KAN juga turut mengoperasikan skema akreditasi yang mencakup akreditas Lembaga Sertifikasi, Laboratorium dan Lembaga Inspeksi.

Adapun skema akreditas yang dioperasikan oleh lembaga KAN di antaranya yakni sebagai berikut :

  • Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu atau dikenal dengan SNI ISO 9001.

  • Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Lingkungan atau dikenal dengan SNI ISO 14001.

  • Lembaga Sertifikasi Hazard Analysis Critical Control Point atau dikenal dengan HACCP.

  • Lembaga Sertifikasi Khusus Mengurus Soal Sistem Manajemen Keamanan.

  • Lembaga Sertifikasi Sistem Keamanan Informasi atau dikenal dengan SNI ISO 27001.

  • Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu untuk Alat dan lain – lainnya.

Rekomendasi Lembaga KAN dalam Pengurusan Sertifikasi ISO

Adapun jika berbicara mengenai lembaga Komite Akreditasi Nasional (KAN) sendiri, di Indonesia telah hadir lembaga KAN yang bisa dipilih perusahaan ataupun organisasi lain dalam membantu kepengurusan sertifikasi ISO.

Salah satunya yakni KAN dari PT Kualitas Prima Sertifikasi (PT. KPS) yang berkualitas terbaik dan terpercaya.

Sedikit informasi, bahwa lembaga KAN ini hadir dengan menyediakan layanan dalam membantu berbagai perusahaan untuk memperoleh semua jenis sertifikasi yang diinginkan.

Di samping itu, jasa ini juga turut menawarkan adanya pelatihan yang diperlukan untuk menerapkan berbagai sertifkasi mutu.

PT Kualitas Prima Sertifikasi ini juga turut memastikan bahwa semua kegiatan sertifikasi Sistem Manajemen yang dilakukan sendiri tidak memihak kepada komiter internal maupun ekstrenal.

Dengan demikian, maka proses sertifikasi yang dilakukan akan dinilai netral lantaran tidak dipengaruhi oleh pihak manapun.

Demikianlah tadi sedikit informasi penting yang bisa Anda ketahui dan pahami seputar pengertian dan rekomendasi Komite Akreditasi Nasional dalam proses pengurusan sertifikasi ISO.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ikuti webinar yang sedang Kami adakan "Merancang KPI yang Efektif dengan ISO 9001:2015 untuk Kesuksesan Kinerja Karyawan​"

X