Apa itu Lembar Data Keselamatan Bahan (LDKB)/Material safety data sheet (MSDS)

Lembar Data Keselamatan Bahan (LDKB) atau nama lainnya Material safety data sheet (MSDS) adalah petunjuk yang didalamya terdapat informasi bahan kimia, sifat fisika, serta akibat yang ditimbulkan.

Tidak hanya itu LDKB juga berisikan informasi mengenai cara penanganan, tindakan khusus dalam keadaan darurat, penanggulangan risiko/dampak, pembuangan dan informasi-informasi penting lainnya.

LDKB atau dalam bahasa inggris juga disebut Material Safety Data Sheet adalah dokumen yang sangat penting, karena didalamnya berisi informasi potensi bahaya dan risiko seperti dampak kesehatan, dampak lingkungan, reaktifitas dan kebakaran yang ditimbulkan karena bahan kimia.

LDKB juga harus memberikan petunjuk pengunaan produk kimia yang benar secara protokol keamanan dan kesehatan, dan ketinggalan juga tata cara penyimpanan bahan kimia serta pembuangan habis pakai.

Tujuan adanya LDKB adalah memberikan pengetahuan bahaya dari bahan-bahan yang terkandung dalam produk, cara penggunaan, dan langkah-langkah yang direkomendasikan apabila terjadi kecelakaan.

LDKB harus dirumuskan dan ditulis dengan sebenar-benarnya dengan format penulisan yang jelas dan dapat dipahami oleh pembaca.

Adapun isi dari Lembar Data Keselamatan Bahan (LDKB) berdasarkan Kepmenaker No.187/MEN/1999 tentang pengendalian bahan kimia berbahaya di tempat kerja, adalah sebagai berikut:

Baca juga : Pedoman Penerapan SMK3 (sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja)

Isi dari dokumen LDKB atau MSDS sesuai ketentuan

  1. Identitas kandungan bahan dan nama perusahaan
  2. Komposisi bahan
  3. Analisis dan identifikasi bahaya
  4. Tindakan P3K (Pertolongan pertama pada kecelakaan)
  5. Tindakan penanggulangan kebakaran
  6. Tindakan dalam mengatasi kebocoran atau ketumpahan bahan
  7. Penyimpanan dan penanganan bahan
  8. Pengelolaan dan pengendalian pemajanan dan APD
  9. Sifat-sifat kimia
  10. Stabiliatas dan reaktifitas bahan
  11. Informasi tentang toksikologi
  12. Informasi tentang ekologi
  13. Tata cara pembuangan limbah
  14. Pengangkutan bahan
  15. Informasi peraturan perundangan yang berlaku
  16. Informasi penting lainnya yang diperlukan

Contoh Lembar Data Keselamatan Bahan (LDKB)/MSDS

Demikian adalah informasi pengetahuan tentang Lembar Data Keselamatan Bahan (LDKB) atau Material safety data sheet (MSDS) yang sangat penting kita ketahui pengunaannya. Dokumen ini adalah sebuah kewajiban untuk menghindari kecelakaan atau dampak reaktif dari bahan kimia. LDKB adalah panduan keamanan bagi pekerja dan pihak yang terlibat dalam pekerjaan risiko tinggi yang melibatkan bahan-bahan kimia berbahaya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Open chat
Diskusi dengan kami
Diskusi langsung dengan kami via Chat Whatsapp