KPS Certification

kpscertification.co.id-msds-dan-ldkb (2)

Mengenal MSDS dan LDKB

Material Safety Data Sheet (MSDS) atau Lembar Data Keselamatan Bahan (LDKB) adalah sebuah dokumen yang berisi informasi penting mengenai bahan kimia.

Dokumen ini mencakup sifat fisik dan kimia dari bahan tersebut, jenis bahaya yang mungkin ditimbulkannya, cara penanganan yang aman, langkah-langkah khusus dalam keadaan darurat, pembuangan yang tepat, serta informasi lain yang relevan.

Pentingnya Material Safety Data Sheet (MSDS) atau Lembar Data Keselamatan Bahan (LDKB)

MSDS atau LDKB memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan program keselamatan dan kesehatan yang komprehensif.
Dokumen ini menjadi titik awal yang sangat berarti dalam memahami potensi bahaya yang terkait dengan penggunaan produk kimia.
Selain itu, MSDS juga memberikan informasi tentang penggunaan, penyimpanan, penanganan, dan prosedur darurat yang berkaitan dengan bahan kimia tersebut.
Informasi yang terdapat dalam MSDS lebih lengkap dibandingkan dengan informasi yang terdapat pada label produk. MSDS biasanya disiapkan oleh pemasok atau produsen bahan kimia.

Informasi yang Terdapat dalam MSDS atau LDKB

MSDS dan LDKB dirancang untuk memberikan informasi yang penting bagi pengguna bahan kimia.
Dokumen ini berisi informasi mengenai bahaya yang mungkin timbul akibat penggunaan produk, cara penggunaan yang aman, konsekuensi yang mungkin terjadi jika rekomendasi tidak diikuti, langkah-langkah yang harus diambil dalam kejadian kecelakaan, cara mengenali gejala overexposure (paparan berlebih), dan tindakan yang harus dilakukan jika terjadi insiden.
Awalnya, MSDS ditujukan untuk dibaca oleh ahli kebersihan (hygienists) dan profesional Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).
Namun, saat ini MSDS juga dibaca oleh pengusaha, pekerja, supervisor, perawat, dokter, dan petugas darurat.
Oleh karena itu, untuk memastikan pengguna MSDS dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka butuhkan, isi MSDS harus ditulis dengan format yang jelas, tepat, dan mudah dipahami.
Bagi kebanyakan orang yang bekerja dengan produk kimia yang terkontrol, terdapat beberapa bagian dalam MSDS yang lebih penting daripada yang lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Diskusi dengan kami
Diskusi langsung dengan kami via Chat Whatsapp