KPS Certification

Powered by Langgeng Perkasa Group

tips lulus audit sertifikasi iso

Tips Lulus Audit Sertifikasi ISO: Cara Menghindari Kegagalan

ISO atau International Organization for Standardization merupakan organisasi internasional yang bergerak dalam pengembangan standar internasional.
Sertifikasi ISO menjadi hal yang penting bagi perusahaan untuk menunjukkan bahwa produk atau layanan yang dihasilkan telah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh ISO.
Namun, untuk mendapatkan sertifikasi ISO, perusahaan harus melalui proses audit yang ketat. Oleh karena itu, perusahaan harus mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti audit.
Berikut ini adalah beberapa tips lulus audit sertifikasi ISO yang perlu Anda ketahui.

1. Pahami Standar ISO

Pertama-tama, Anda harus memahami standar ISO yang akan diuji saat audit. Anda harus mempelajari setiap elemen standar dan memahami cara mengimplementasikannya di dalam perusahaan.
Selain itu, pastikan semua pekerja di perusahaan juga memahami standar ISO yang berlaku.

2. Lakukan Evaluasi Internal

Sebelum melakukan audit, lakukan evaluasi internal terlebih dahulu. Evaluasi internal akan membantu Anda untuk mengetahui apakah perusahaan sudah siap menghadapi audit atau belum.
Selain itu, evaluasi internal juga membantu menemukan kelemahan atau kesalahan dalam penerapan standar ISO di perusahaan.

3. Persiapkan Dokumen

Dokumen yang diperlukan dalam audit sertifikasi ISO harus disiapkan dengan baik dan lengkap.
Pastikan semua dokumen terkait telah disusun dengan baik dan mudah diakses oleh auditor. Selain itu, pastikan semua dokumen telah diperiksa dan disetujui oleh manajemen perusahaan.

4. Pelajari Prosedur Audit

Pelajari prosedur audit yang akan dilakukan oleh auditor. Anda harus tahu bagaimana prosedur audit dilakukan, siapa saja yang terlibat, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan.
Hal ini akan membantu Anda untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti audit.

5. Berkomunikasi dengan Auditor

Ketika audit berlangsung, pastikan Anda selalu berkomunikasi dengan auditor. Ajukan pertanyaan jika ada hal yang tidak jelas atau jika Anda membutuhkan klarifikasi tentang suatu hal.
Hal ini akan membantu Anda untuk menghindari kesalahpahaman yang dapat mempengaruhi hasil audit.

6. Lakukan Tindakan Perbaikan

Jika ada temuan dari auditor, segera lakukan tindakan perbaikan yang dibutuhkan.
Pastikan tindakan perbaikan yang dilakukan telah sesuai dengan standar ISO yang berlaku dan dapat mengatasi masalah yang ditemukan.
Selain itu, pastikan tindakan perbaikan telah diimplementasikan dengan benar.

7. Evaluasi Hasil Audit

Setelah audit selesai dilakukan, evaluasi hasil audit dengan cermat. Perhatikan temuan-temuan yang ditemukan oleh auditor dan lihat bagaimana tindakan perbaikan yang telah dilakukan dapat mengatasi masalah tersebut.
Hal ini akan membantu Anda untuk memperbaiki sistem manajemen ISO di perusahaan.
Dengan menerapkan tips-tips di atas, perusahaan Anda dapat meningkatkan kemungkinan lulus audit sertifikasi ISO. Pastikan bahwa Anda mempersiapkan diri dengan baik, memahami standar ISO yang diterapkan, menggunakan jasa konsultan, melibatkan semua pihak yang terlibat, melakukan audit internal, dan melakukan pelacakan dan evaluasi.
Dengan menerapkan tips-tips tersebut, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk lulus audit sertifikasi ISO dan memperoleh sertifikasi ISO yang diinginkan. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tingkatkan keahlian Anda dengan mengikuti "Pelatihan Ahli K3 Umum Sertifikasi oleh "KEMNAKER"

X