KPS Certification

ISO 27001 - Sistem Manajemen Keamanan Informasi
(Information security management systems)

ISO 27001

Standar internasional untuk memastikan kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi. Memberikan kerangka kerja yang komprehensif untuk mengimplementasikan, mengelola, dan meningkatkan keamanan informasi dalam suatu organisasi.

Apa itu ISO 27001?

ISO 27001 adalah standar yang paling dikenal di dunia untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI). Standar ini menetapkan persyaratan yang harus dipenuhi oleh SMKI.

Standar ini memberikan panduan bagi perusahaan dari berbagai ukuran dan sektor untuk membangun, menerapkan, memelihara, dan terus meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi.

Kepatuhan terhadap ISO/IEC 27001 berarti bahwa sebuah organisasi atau bisnis telah menerapkan sistem untuk mengelola risiko yang terkait dengan keamanan data yang dimiliki atau ditangani oleh perusahaan, dan bahwa sistem ini mematuhi semua praktik terbaik dan prinsip yang diatur dalam Standar Internasional ini.

Mengapa ISO/IEC 27001 penting?

Dengan meningkatnya kejahatan dunia maya dan munculnya ancaman baru secara terus-menerus, tampaknya sulit atau bahkan tidak mungkin untuk mengelola risiko cyber. Sertifikasi ISO membantu organisasi menjadi sadar akan risiko dan secara proaktif mengidentifikasi serta mengatasi kelemahan-kelemahan.

ISO mendorong pendekatan holistik terhadap keamanan informasi: meninjau orang-orang, kebijakan, dan teknologi. Sebuah sistem manajemen keamanan informasi yang diimplementasikan sesuai dengan standar ini merupakan alat untuk manajemen risiko, ketahanan cyber, dan keunggulan operasional.

Keutamaan Sertifikasi

Keamanan Informasi

Membantu organisasi melindungi aset informasi yang penting, termasuk data sensitif, informasi rahasia perusahaan, dan informasi pelanggan, dari ancaman internal dan eksternal.

Kepercayaan Pelanggan

Menunjukkan komitmen perusahaan terhadap keamanan informasi, yang dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, mitra bisnis, dan pemangku kepentingan lainnya.

Kepatuhan Hukum

Dengan memiliki sertifikat ISO, perusahaan dapat lebih mudah mematuhi berbagai persyaratan hukum dan regulasi yang berlaku, sehingga mengurangi risiko sanksi dan penalti.

Dengan menetapkan ruang lingkup yang jelas, organisasi dapat memastikan bahwa semua aspek yang relevan dari keamanan informasi diidentifikasi, dievaluasi, dan dikelola sesuai dengan standar ini.

Untuk menetapkan batasan sistem manajemen keamanan informasi, organisasi perlu memahami dan menghargai kebutuhan serta harapan dari pihak terkait di dalam dan di luar organisasi.

Kunci kesuksesan sistem manajemen adalah adanya dukungan dan komitmen yang jelas dari semua tingkatan manajemen, terutama dari manajemen puncak.

Diperlukan pendekatan yang terstruktur dalam mengevaluasi risiko agar pengendalian yang sesuai dan efisien dapat diterapkan dengan baik, memfasilitasi implementasi yang efektif.

Kunci penting untuk keberhasilan adalah komitmen dan alokasi sumber daya yang memadai untuk mendukung implementasi, pemeliharaan, dan komunikasi yang berlangsung terus-menerus.

Melaksanakan pengendalian operasional yang membantu mencapai tujuan sistem manajemen ini.

Menetapkan indikator utama kinerja yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan sistem manajemen serta hasil yang diharapkan adalah langkah penting untuk memastikan bahwa sistem dapat dinilai, diperbaiki, dan dijalankan dengan efektif.

Dengan menemukan peluang untuk meningkatkan proses, organisasi dapat mengantisipasi peningkatan kinerja keuangan. Proses ini harus ditujukan untuk menjaga kerahasiaan, ketersediaan, dan integritas aset informasi, serta untuk memperkuat kepercayaan dan keyakinan pelanggan terhadap merek.

Mengenal Lebih Dalam Tentang ISO/IEC 27001

Dengan memahami dan menerapkan setiap aspek ini, organisasi dapat membangun dan memelihara sistem manajemen keamanan informasi yang kuat, efektif, dan sesuai dengan standar internasional.

Sertifikasi ISO 27001 menawarkan legitimasi eksternal yang kuat bagi organisasi yang berkomitmen terhadap keamanan informasi. Ini menegaskan bahwa organisasi telah memenuhi standar internasional yang diakui secara global dalam manajemen keamanan informasi.

Kerangka kerja standar ini dirancang untuk membantu organisasi dalam mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengelola risiko keamanan informasi dengan cara yang terstruktur dan sistematis

Keuntungan Sertifikasi ISO/IEC 27001

Ketahanan terhadap serangan siber

Kesiapan menghadapi ancaman baru

Integritas, kerahasiaan, dan ketersediaan data

Keamanan di semua dukungan

Perlindungan di seluruh organisasi

Penghematan biaya

FAQ

Pencurian data, kejahatan siber, dan tanggung jawab atas kebocoran privasi adalah risiko yang harus dipertimbangkan oleh semua organisasi.

Standar ini diperlukan oleh berbagai jenis organisasi dan entitas, termasuk: Lembaga pemerintah, organisasi nirlaba, penyedia layanan teknologi, keuangan, manufaktur, layanan kesehatan, dan lainnya

Meskipun kadang disebut sebagai ISO 27001, singkatan resmi untuk Standar Internasional tentang persyaratan manajemen keamanan informasi adalah ISO/IEC 27001.

Hal ini karena standar tersebut diterbitkan bersama oleh ISO dan the International Electrotechnical Commission (IEC).

  1. Menerapkan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI)
  2. Melakukan penilaian risiko
  3. Mengembangkan kebijakan dan prosedur keamanan
  4. Mengelola risiko dengan menerapkan pengendalian
  5. Meninjau efektivitas ISMS
  6. Mengkomunikasikan ISMS kepada seluruh karyawan dan melatih mereka.

Kerahasiaan
Integritas informasi
Ketersediaan data

Proses Sertifikasi

Application Form

Pengajuan sertifikasi dan melengkapi persyaratannya

Stage I

Melakukan peninjauan, penilaian, dan identifikasi

Stage II

Audit stage II bertujuan untuk verifikasi dan evaluasi

Special Audit

Berupa pemantauan atau investigasi jika diperlukan

Surveillance I

Kegiatan pemantauan setiap 1 tahun, pasca sertifikasi

Surveillance II

Kegiatan pemantauan tahun ke-2 pasca sertifikasi

SIAP MEMULAI PERJALANAN ANDA?

Kami siap meningkatkan kualitas dan menerapkan kebijakan berbisnis bertanggung jawab terhadap keamanan data dan informasi Anda.

Ikuti webinar yang sedang Kami adakan "Merancang KPI yang Efektif dengan ISO 9001:2015 untuk Kesuksesan Kinerja Karyawan​"

X