SNI
(standar nasional Indonesia)

SNI

SNI (standar nasional indonesia) adalah sebuah standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk berbagai hasil produksi, yang dibuat di Indonesia, baik yang diproduksi secara massal oleh perusahaan ataupun usaha perseorangan. SNI masuk dalam Peraturan Menteri Perdagangan No.72/M-DAG/PER/0/2015 yang mewajibkan setiap barang atau unit yang diproduksi harus sesuai dengan SNI.

Pentingnya SNI

Memiliki sertifikat SNI membantu konsumen untuk mengidentifikasi produk yang berkualitas dan sesuai dengan standar nasional. SNI juga melindungi konsumen dari barang-barang yang tidak aman dan layak untuk digunakan masyarakat. Fungsi SNI juga untuk melindungi konsumen dari keselamatan, kesehatan, dan dampak lingkungan akibat kegiatan produksi.

Manfaat SNI untuk perusahaan

  1. Meningkatkan daya saing
    Jaminan mutu dalam produksi industri yang telah tersertifikasi SNI dapat meningkatkan daya saing bagi perusahaan di level nasional, dan juga berdampak pada pemasaran dan penjualan produk.
  2. Meningkatkan kepuasan konsumen terhadap produk.
    Penerapan SNI akan berpengaruh juga pada kepercayaan dan kepuasan konsumen nasional dalam menggunakan produk. Sehingga dapat meningkatkan citra brand atau produk dan berpotensi menjadi top of mind di masyarakat.
  3. Sertifikasi Produk Dalam Perdagangan
    Sertifikasi standar kualitas mutu dalam dunia perdagangan baik nasional maupun internasional sangatlah dibutuhkan. Produk yang telah disertifikat memiliki pengakuan kualitas yang baik di dunia perdagangan dunia.
Open chat
Diskusi dengan kami
Diskusi langsung dengan kami via Chat Whatsapp