ISO 27001 : Buat Perlindungan keamanan data informasi jadi lebih kuat

Sertifikasi ISO 27001 melindungi perusahaan/organisasi dari beragam risiko seperti serangan software, sabotase data, pencurian kekayaan intelektual dan dari konsekuensi mengerikan lainnya. 

Database adalah aset berharga yang dimiliki organisasi, oleh karenanya kontrol  penerapan perlindungan data informasi wajib menjadi prioritas utama bagi perusahaan/organisasi.  

Sertifikasi ISO 27001 adalah panduan referensi internasional untuk menilai kontrol keamanan data informasi. dan kabar baiknya organisasi standar internasional dunia melakukan pembaharuan untuk sistem keamanan ini. 

Sehingga baik organisasi pemerintah atau swasta, bisa melakukan evaluasi dan peninjauan ulang perihal sistem keamanan data mereka, agar selalu terhindar dari risko-risiko yang mengerikan. 

Pentingnya Sertifikasi ISO 27001

Membereskan kerusakan data akibat serangan-serangan dari luar adalah pekerjaan yang melelahkan dan menghabiskan lebih banyak biaya dari pada yang harus dikeluarkan untuk sertifikasi keamanan data informasi, dan itu pun belum termasuk beban kerugian yang dialami. 

Dikembangkan oleh ISO dan International Electrotechnical Commission (IEC) memberikan penilaian kepada sistem kontrol keamanan data informasi milik perusahaan/organisasi, memastikan apakah sistem keamanan sudah sesuai dentan tujuan, efektif dan efisiensinya. 

ISO 27001  memberikan panduan keamanan yang sesuai dengan standar internasional, yang selalu menyeleraskan edisi pembaharuan dengan kebutuhan dan tentunya sistem keamanan informasi termutakhir. 

Professor Edward Humphreys pemimpin proyek kerja yang mengembangkan standar keamanan ini mengatakan bahwa mengatakan ISO/IEC TS 27008 akan membantu organisasi untuk menilai dan meninjau kontrol mereka saat ini yang dikelola melalui penerapan ISO/IEC 27001.

 â€œDi dunia di mana serangan siber tidak hanya lebih sering tetapi juga semakin sulit untuk dideteksi dan dicegah, menilai dan meninjau kontrol keamanan yang ada perlu dilakukan secara teratur dan menjadi aspek penting dari proses bisnis organisasi,” ucap Professor Edward Humphreys dikutip dari iso.org

Tidak hanya dirinya juga menambahkan standar keamanan ISO 27001 juga membantu perusahaan/organisasi dalam meningkatkan kepercayaan di publik, dari segi keamanan dan control data informasi. 

Tentunya dengan peningkatan sistem keamanan memberikan citra positif perusahaan/organsaisi yang berdampak pada bisnis dan relasi, karena seperti yang kita tahu bahwa “Trusted” atau kepercayaan adalah kunci dari bisnis yang baik. 

Sama halnya seperti standarisasi internasional lainnya, sertifikasi ISO 27001 juga dirancang untuk semua jenis/ukuran bisnis dan organisasi. Dan bisa Anda dapatkan dari mitra atau penyedia layanan sertifikasi ISO yang tersebar di berbagai negara, contohnya di Indonesia ada kualitas prima sertifikasi yang dapat memberikan penilaian sistem keamanan data informasi sesuai ISO 27001.

Baca juga : Pedoman Penerapan SMK3 (sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Open chat
Diskusi dengan kami
Diskusi langsung dengan kami via Chat Whatsapp